Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

TodayNews – Membicarakan mie instan memang tak ada habisnya, sebab mieinstant merupakan makanan favorit kebanyakan masyarakat di Negara kita. Tak hanya harganya yang murah dan terjangkau, rasanya pun gurih, enak serta memanjakan lidah. Bahkan cara membuatnya pun sangatlah simpel dan praktis.

Apalagi sekarang sudah beraneka ragam bentuk mie instan dikemas, salah satunya di kemas dengan menggunakan styrofoam. Praktis bukan? Untuk itu tidak jarang yang menjadikan makanan ini adalah makanan yang wajib di bawa kemana-mana saat bepergian.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan
Bahaya Mie Instan. pic: webislami.com

Mie instan memang bisa meredam rasa lapar, dan mie sebenarnya memiliki kandungan karbohidrat sama seperti nasi, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

1. Kerusakan Hati

Mie Instan mengadung zat berbahaya salah satunya PropleneGlycol yang dapat merusak dan mengganggu kerja hati. Untuk itu mengkonsumsimie instan yang terlalu sering dan rutin dapat menyebabkan kerusakan hati.

2. Menyebabkan Kanker

Penyakit kanker memang penyakit yang mudah menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Dan mie Instan menjadi salah satu jalan penyebab penyakit kanker dapat menghampiri kita. Karena kandungan yang terdapat di dalam mie Instan merupakan zat kimia yang berbahaya. Selain itu beraneka ragam bentuk mie Instan yang di kemas dalam Styrofoam juga dapat menyebabkan kanker.

3. Kerusakan Jaringan Otak

Mengkonsumsimie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.

5. Keguguran

Mie instan sangat dilarang untuk wanita yang hamil. Hal ini dikarenakan kandungan bumbu dan pengawet yang terdapat pada mie instan dapat mempengaruhi perkembangan janin yang nantinya dapat menyebabkan keguguran.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

6. Junk Food

Mi instan hanya dapat dianggap sebagai junkfood dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi, hal ini karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mi instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

7. Mengganggu Pencernaan

Mie Instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung pada Mie Instan yang pada akhirnya menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu. Padahal lambung memerlukan pencernaan yang baik dengan cara bantuan nutrisi dan mineral. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsimie Instan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.

8. Obesitas

Terakhir bahaya dari mengkonsumsimie Instan adalah obesitas. Mie Instan memang bisa meredam rasa lapar, namun itu hanya sesaat. Setelah iu dalam bebrapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam mie Instan sudah banyak. Hal ini yang pada akhirnya cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat dan tidak sedikit yang menyandingkan mie Instan dengan nasi.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *