Cara Mengobati Kutu Air Dengan Bahan Alami Di Sekitar Rumah Kita

TodayNews – Kutu air merupakan  penyakit kulit yang terinfeksi jamur. Dunia medis menyebutnya tinea pedis, penyakit ini biasanya muncul di area kulit yang lembab, hangat dan pengap. Biasanya kutu air ini muncul di area sela-sela jari kaki.

Kutu air ini bisa menyerang siapa saja, terutama bagi orang-orang  yang suka melepas alas kaki saat beraktivitas di tempat-tempat yang lembab dan tergenang air seperti  di persawahan, kolam ikan, comberan, kamar mandi dan lain-lain.

Cara Mengobati  Kutu Air Yang  Ganas Bahan Alami
Cara Mengobati  Kutu Air. pic: sehatly.com

Oleh karena itu, sebelum berbicara banyak mengenai  cara mengobati kutu air  alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala datangnya virus tersebut.

  • Kulit kaki tampak gatal kemerahan
  • Kulit kaki akan terasa nyeri saat terkena air
  • Ada tanda tanda kulit kaki melepuh dan bengkak

Maka dari itu, ketika anda mengalami gejala-gejala penyakit kutu  air seperti di atas,  sebelum menjadi lebih parah, sebaiknya segera diobati.

Cara Mengobati  Kutu Air Yang  Ganas Dengan Bahan Alami Di Sekitar Rumah Kita

1. Garam

ternyata garam selain bisa dijadikan campuran bumbu dapur, juga berfungsi mengobati penyakit kulit yang terinfeksi jamur seperti kutu air dan sejenisnya.

Caranya dengan  merendam garam sebanyak 10 sendok teh pada 2 liter air yang sudah di hangatkan, lalu rendam kaki tersebut  selama 5-10 menit dan lakukan 2x sehari sampai kaki benar-benar sembuh. Dan hindari cara ini jika kebetulan terdapat luka parah pada kaki.

2. Teh

Teh juga dapat dijadikan pengobatan kutu air, sebab ia mengandung antiseptik dan  antioksidan alami yang  efektif membunuh jamur yang terdapat pada kutu air.

Caranya adalah dengan merebus teh 99 atau cap mawar dengan air secukupnya   biarkan hingga air teh tersebut benar benar mendidih. Lalu  biarkan sampai airnya dirasakan dingin. Kemudian rendam kaki yang terinfeksi kutu air, lakukan cara ini berulang kali hingga rasa nyeri dan gatal pada kaki terasa ringan.

3. Cuka

Cuka ternyata juga berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Cuka berfungsi menarik keluar jamur dari kaki penderita kutu air dan bisa mempercepat kesembuhan
Caranya.  Seperti biasanya di atas yaitu siapkan air hangat pada wadah yang berukuran kaki lalu campurkan air cuka secukupnya lalu aduk.

Setelah itu rendam kaki yang terkena jemur kutu air selama kurang lebih 15 menit sambil di urut-urut bagian yang terinfeksi jamur. Ulangi berkali kali sampai rasa gatal pada kaki betul-betul terasa hilang.

4. Minyak goreng atau minyak kelapa

Minyak kelapa sangat cocok untuk mengatasi  penyakit kulit  yang di sebabkan jamur. Dalam minyak kelapa terkandung zat bernama asam laurat yang efektif membasmi jamur penyebab kutu air.

Cara penggunaan  pengobatannya sangat mudah, cukup ambil sedikit minyak kelapa menggunakan kapas atau sejenisnya lalu oleskan pada bagian kulit berkutu air. Dalam waktu singkat kutu air tersebut akan sembuh.

5. Kayu manis

Kayu manis juga ampuh menyembuhkan penyakit kutu air karena bersifat anti jamur dan antiperspirant (pencegah keringat). Caranya potong kecil-kecil atau tumbuk halus lalu campurkan dalam air yang sudah hangat hingga 30-40 menit. Kemudian rendam kaki penderita kutu air sambil di pijat-pijat. Lakukan setiap hari berulang –ulang sampai kakimu benar benar merasakan rilek.

6. Bawang putih

Ternyata bawang putih terbukti dapat memmerontokkan bakteri yang terdapat pada kulit, mengandung beberapa nutrisi diantaranya minyak atsiri serta allicin.  Mengenai cara penggunaan pengobatannya yaitu  cukup mengambil beberapa siung bawang putih lalu di tumbuk hingga halus.

Cara Mengobati Kutu Air Ganas Dengan Bahan Alami

Setelah itu langsung oleskan di area kulit (kutu air) lalu ikat menggunakan perban atau kain . Biarkan beberapa menit agar  khasiatnya bereaksi. Jika 1 kali belum sembuh ulangi sampai kutu air itu benar-benar kering.

7. Daun sirih

Daun sirih merupakan bahan herbal mengandung  antiseptik. Sangat baik jika di gunakan untuk pengobatan semacam penyakit gatal seperti kutu air. Caranya yaitu, dengan merebus daun sirih yang sudah dilarutkan garam  hingga  air tersebut terasa hangat. Kemudian celupkan bagian kaki terserang kutu air, lakukan berulang kali sampai gatal-gatal pada kaki sudah benar-benar hilang.

Hanya itu saja cara mengobati  kutu air yang  ganas dengan  bahan alami yang banyak di temukan di sekitar rumah kita. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *