Cara Mengobati Mata Bintitan

TodayNews – Bintitan adalah bisul yang muncul dikelopak mata baik diluar maupun didalam. Tanda-tanda bintitan antara lain benjolan di sekitar kelopak mata, memerah,bengkak, adanya bintik putih atau kuningditengahnyadan terasa nyeri. Dalam istilah medis, bintitan disebut juga hordeolum.. Penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri staphylococcusaureus.

Cara Mengobati Mata Bintitan
Cara Mengobati Mata Bintitan. pic: ladies.id

Biasanya, bintitan akan sembuh dengan sendirinya dan tidak meninggalkan bekas luka. Namun mata bintitanbisa membuat aktivitas anda terganggudan tidak nyaman. Berikut ini artikel yang membahas cara mengobati mata bintitan agar cepat sembuh.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Berikut ini beberapa cara mengobati mata bintitanyang bisa dicoba:

1.Menggunakan Bawang Putih

Bersihkan mata anda terlebih dahulu dengan air hangat. Siapkan satu siung bawang putih dan haluskan dengan cara ditumbuk atau diparut. Kemudian oleskan pada area bintitan.

2. Mengompres Dengan Air Hangat

Rendamlah handuk bersih kedalam air hangat. Peras handuk hingga airnya tidak menetes. Lalu tempelkan kompres tersebut pada mata yang terkena bintitan selama 15-20 menit. Lakukan secara rutin selama empat kali sehari.

3. Mengompres Dengan Teh Kantong

Seduhlah teh celup pada air panas terlebih dahulu selama satu menit. Angkat teh celup dan diamkan hingga tidak terlalu panas. Kemudian tempelkan pada mata yang bintitan selama 5-10 menit.

4. Menggunakan Daun Sirih

Rebuslah 1-3 lembar daun sirih kedalam 1-2 gelas air sampai mendidih. Saring atau peras hasil rebusan tersebut. Kemudian gunakan air hasil rebusan itu untuk membersihkan mata yang bintitan.

5. Menggunakan Daun Jambu Biji

Cucilah 2-3 daun jambu biji dengan air panas dan rendamlah kain pada air panas pula. Peras kain dan masukkan satu lembar daun jambu biji pada kain. Tunggu hingga agak dingin. Kemudian tempelkan pada kelopak mata yang bintitan selama lima menit. Ulangi dengan menggunakan daun yang lainnya. Lakukanlah secara rutin dua kali sehari.

6. Menggunakan Kunyit

Masukkan satu sendok kunyit ke dua gelas air. Rebus hingga airnya menyusut setengah. Dinginkan terlebih dahulu, kemudian saring. Gunakan air larutan kunyit tersebut untuk mencuci mata bintitan setiap dua atau tiga kali sehari.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Potonglah lidah buaya dan gunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada kelopak mata yang bintitan. Tunggu dua puluh menit. Lalu cuci mata anda dengan air suam-suam kuku.

8. Menggunakan Biji Ketumbar

Masukkan satu sendok tehbiji ketumbar ke satu cangkir air. Rebus hingga mendidih. Kemudian diamkan hingga dingin. Gunakan hasil rebusan tadi untuk mencuci area mata yang bintitan.

9. Gosok Mata Dengan Air Bersih Atau Sabun

Membersihkan sekitar mata secara teratur juga dapat membantu mengobati mata bintitan. Gosoklah kelopak mata yang sakit dengan air bersih atau sabun yang tidak perih dimata secara perlahan. Tutup mata anda ketika membersihkannya agar tidak iritasi.

10. Menggunakan Salep

selain dengan bahan alami, anda bisa mengobati mata bintitan dengan salep. Salep seperti amoxicillin dan ciprofloxachin bersifat anti biotik sehingga dapat digunakan untukmembunuh bakteri penyebab bintitan. Anda juga bisa ke dokter dan biasanya akan diberi obat berupa salep. Oleskan salep pada kelopak mata yang bintitan secara teratur sesuai petunjuk dokter.

11. Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata mampu menghilangkan kotoran di mata . Tetesi mata anda sesuai anjuran dokter. Namun bagi sebagian orang, obat tetes mata justru menyebarkan bakteri penyebab bintitan. Jadi sebaiknya jadikan sebagai alternatif terakhir.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Itulah beberapa cara mengobati mata bintitan. Anda bisa mencobanya agar bintitan segera sembuh. Namun bila bintitan tidak kunjung sembuh dan justru semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *