Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi Yang Tepat

TodayNews – Hipertensi atau tekanan darah tinggi ternyata bisa diatasi melalui olahraga. Olahraga untuk penderita hipertensi di bawah ini aman dan bisa anda lakukan kapan saja. Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi Yang Aman dan Efektif

Menderita hipertensi nyatanya bisa membuat kesusahan. Gejala hipertensi yang biasanya diawali dengan pusing akan sangat mengganggu aktifitas penderita. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi sebagai berikut:

Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi
Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi. pic: penyakithipertensi.org

1. Aerobik

Aerobik merupakan olahraga untuk penderita hipertensi yang paling efektif. Jenis olahraga satu ini melibatkan otot tubuh dengan ritme yang teratur secara berulang. Selain dapat menjadi olahraga hipertensi bisa meningkatkan kesehatan jantung, otot dan juga paru-paru.

Latihan aerobik juga bisa mengontrol mood, berat badan, tidur dan kesehatan lainnya. Anda bisa melakukan aerobik minimal selama 30 menit selama 3 hingga 4 kali seminggu. Karena manfaatnya yang banyak anda bisa melakukan aerobik secara rutin agar kesehatan anda terjaga.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang membutuhkan ketenangan. Jenis olahraga ini digunakan sebagai pengontrol stress dan penyetabil emosi. Hipertensi sangat rentan kambuh ketika mendapat tekanan yang berlebihan. Salah satunya adalah stress akibat suatu permasalahan. Oleh karenanya yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang efektif bagi hipertensi. Ini akan membuat pikiran anda lebih tenang.

3. Meditasi

Meditasi merupakan olahraga sejenis yoga yang efektif juga mengurangi stress. Dengan meditasi bisa membuat anda merasakan kenyamanan. Pikiran anda juga akan semakin tenang karena meditasi adalah kegiatan berdiam diri yang cocok untuk istirahat. Mengistirahatkan pikiran merupakan bagian dari penyembuhan hipertensi yang tepat.

4. Latihan Pernafasan

Pernafasan juga menjadi masalah besar dalam hipertensi. Jika hipertensi kambuh bisa terjadi kesulitan bernafas yang tidak terduga. Bagi beberapa penderita bisa membutuhkan bantuan pernafasan. Anda perlu melakukan latihan pernafasan agar tekanan darah normal. Selain untuk hipertensi anda bisa melakukan latihan pernafasan bagi penyakit jantung dan paru-paru.

5. Berenang

Olahraga untuk penderita hipertensi satu ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Ada beberapa orang yang tidak bisa berenang. Memang benar kelebihan olahraga berenang ini adalah bisa menyehatkan. Beberapa penyakit bisa dicegah melalui adanya olahraga berenang. Berenang bisa menahan laju tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Karenanya berenang sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi.

6. Bersepeda

Untuk olahraga satu ini anda harus memiliki sepeda. Memang modal untuk membeli sepeda tidak ada bandingannya jika dibandingkan kesehatan anda. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Anda tidak akan bisa membelinya di pasar. Karena bersepeda merupakan olahraga yang relatif mudah anda bisa melakukannya sendiri. Bersepeda bisa meningkatkan stamina anda dan menghasilkan banyak keringat. Keringat yang keluar sebagai bukti toksin atau racun dalam tubuh keluar.

7. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil adalah kegiatan olahraga yang tak bermodal. Anda hanya perlu berlari-lari kecil di sekeliling rumah anda. Jika memungkinkan jarak yang jauh bisa anda tempuh. Namun bagi anda yang pemula sebaiknya melakukan kegiatan olahraga ini di sekitar rumah. Frekuensi jumlah putarannya bisa anda tambahkan agar lebih efektif.

8. Berjalan

Olahraga yang tak membutuhkan modal lainnya adalah berjalan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar rumah anda pada pagi hari. Pagi hari sangat cocok untuk anda melakukan berjalan kaki. Selain udaranya yang sejuk dan masih asri suasananya juga masih sepi. Belum ada lalu lalang kendaraan juga. Ini akan membuat anda merasakan kenyamanan saat berjalan.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi

Olahraga untuk penderita hipertensi seperti di atas cocok untuk anda coba. Sebaiknya dalam mencoba anda tidak boleh memforsir fisik anda. Karena hipertensi tidak bisa digunakan untuk melakukan terlalu banyak kegiatan fisik. Olahraga memang bisa mengatasi hipertensi namun tetap kembali pada kemampuan fisik masing-masing penderita.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *