Khasiat Ciplukan, Buah Mungil untuk Kesehatan

TodayNews – Ciplukan merupakan tanaman yang kecil dengan buah yang mungil serta memiliki nama ilmiah physalis angulate. Dahulu tanaman ciplukan dianggap sebagai gulma, karena keberadaannya yang seringkali berada diantara semak-semak belukar. Namun siapa yang mengira tanaman yang dianggap gulma ini kini telah naik pamor karena berbagai manfaat yang terkandung didalamnya.

Khasiat Ciplukan, Buah Mungil untuk Kesehatan
Khasiat Ciplukan, Buah Mungil untuk Kesehatan. pic: Ciplukan.com

Manfaat dari ciplukan tidak hanya terletak pada buahnya saja, namun juga pada bagian tanamannya. Terdapat kandungan zat yang terdapat pada ciplukan seperti karbohidrat, lipid, vitamin dan mineral. Maka tidak heran jika saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai membudidayakan tanaman liar ini menjadi mata pencaharian menguntungkan.

Mungkin sebagian orang masih awam dengan khasiat buah ciplukan ini. Tetapi jangan khawatir karena penulis akan memberikan beberapa informasi terkait mengenai buah mungil yang mempunyai sejuta manfaat.

Khasiat Ciplukan, Buah Mungil untuk Kesehatan

1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh beberapa orang. Jika hipertensi dibiarkan terus-menerus tentunya bisa memicu terjadinya penyakit lain yang lebih serius seperti stroke. Namun Anda dapat memanfaatkan buah ciplukan sebagai obat untuk menurunkan hipertensi. Cara pembuatannya yaitu rebus daun, buah dan akar dalam air, kemudian minumlah air tersebut selama tiga minggu berturut-turut.

2. Membantu Menyembuhkan Kanker Payudara

Bagi seorang wanita ketika mendengar kanker payudara merupakan hal yang sangat mengerikan. Karena kanker ini menyerang pada area tubuh yang cukup vital bagi seorang perempuan. Namun jangan khawatir karena hasil dari sebuah penelitian ditemukan bahwa buah mungil ini dapat berkhasiat dalam menyembuhkan kanker.

Caranya yaitu ambilah pucuk yang muda kemudian campur dengan tunas kunyit serta empat biji beras. Lalu gilinglah menggunakan parutan kelapa hingga lumat untuk kemudian tempelkan pada payudara.

3. Membantu Menyembuhkan Kencing Manis

Khasiat buah ciplukan selanjutnya adalah dapat mengobati kencing manis. Caranya dengan merebus batang dan akar dari buah ciplukan. Kemudian minum hasil rebusan tadi sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Membantu Menyembuhkan Penyakit Jantung

Ternyata ciplukan juga dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung, namun masih jarang orang yang tahu. Jika Anda mengalami gangguan penyakit jantung, ambilah 40 daun ciplukan kemudian tumbuklah hingga halus. Minumlah sari air hasil tumbukan tadi tanpa memberikan campuran air.

5. Membantu Menurunkan Demam

Jika anak Anda mengalami demam, maka obat alami yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan deman dengan mengonsumsi ciplukan. Ciplukan dapat menjadi obat alami yang memiliki rasa yang manis-kecut sehingga cukup disukai anak-anak

6. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat banyaknya kadar lemak jenuh dalam tubuh seseorang. Penyebab kolesterol bisa terjadi karena pola makan yang kurang sehat. Namun jangan khawatir cukup mengonsumsi 2 helai daun ciplukan sebanyak tiga kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

7. Meluruhkan Air Seni

Air kencing yang tidak lancar tentunya akan menimbulkan dampak bagi kesehatan seperti resiko terkena batu ginjal. Penyebab batu ginjal terjadi akibat kebiasaan buruk seseorang yang seringkali menahan ketika buang air.

Untuk itu Anda harus mengubah pola hidup yang tidak baik ini, namun jika memang benar-benar susah buang air kecil gunakan ramuan dari buah ciplukan. Dengan cara rebus 10 buah ciplukan dengan segelas air putih, rebus hingga ½ gelas. Kemudian minum air ini sebanyak 2 kali sehari.

Khasiat Ciplukan, Buah Mungil untuk Kesehatan

Demikian beberapa jenis khasiat buah ciplukan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Siapa yang menyangka jika tanaman yang pernah dianggap gulma ini begitu menyimpan banyak khasiat? Oleh karena itu tidak heran jika saat ini ciplukan mulai dibudidayakan masyarakat.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *