10 Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Kolestrol

TodayNews – Berusia diatas 30 tahun sangatlah penting untuk menjaga makanan pantangan darah tinggi dan kolestrol. Mengingat pada usia tersebut akan lebih mudah untuk terkena penyakit seperti itu. Jika anda sudah terkena penyakit darah tinggi dan kolestrol, maka anda perlu mengatur pola makan anda agar tidak semakin parah.

Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Kolestrol
Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Kolestrol. pic: well-beingsecrets.com

Kedua hal ini bukan penyakit yang asing, karena memang masyarakat sudah banyak yang mengidapnya. Penyakit ini memang belum banyak diketahui apa saja penyebabnya. Akan tetapi, penyakit ini lebih banyak berdampak pada makanan yang anda konsumsi.

Banyak orang yang meremehkan kedua penyakit ini, sehingga ia mengonsumsi makanan apa saja yang ia mau. Padahal, jika penderita sudah mengidap penyakit ini sangat memiliki kemungkinan besar untuk mengalami komplikasi. Seperti jantung, ginjal, stroke dan penyakit yang lainnya. Untuk itu, anda perlu mengetahui makanan pantangan darah tinggi dan kolestrol.

Makanan Pantangan Darah Tinggi dan Kolestrol

Untuk anda yang mengidap darah tinggi dan kolestrol, beberapa makanan ini dapat mencegah penyakit tersebut. Oleh karena itu kami akan membagikan makanan pantangan darah tinggi dan kolestrol. Berikut adalah makanan pantangan darah tinggi dan kolestrol.

1. Garam

Pantangan darah tinggi yang paling utama adalah garam. Semakin banyak kandungan garam tersebut akan menaikkan darah tinggi anda. Namun, bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Jika anda pengidap penyakit ini konsumsilah maksimal 6 gram atau setengah satu sendok teh.

2. Ikan

Jangan sangka jika anda mengonsumsi ikan tidak memiliki dampak. Beberapa ikan ini memiliki dampak jika anda mengonsumsinya. Yaitu : Kepiting, Kerang, Udang, Belut, Siput, Cumi-cumi. Karena jenis ikan tersebut mengandung rata-rata 1170 mg/10 gr sehingga anda harus menghindari makanan ini.

3. Kuning Telur Ayam

Telur ayam dapat dikonsumsi beragam macam cara, campuran makanan maupun teman nasi. Tetapi ada bagian telur ayam yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ini yaitu hindari kuning telur ayam. Karena mengandung 2000 mg/10 gr, jika anda ingin mengonsumsi telur ayam pilihlah putih telurnya.

4. Telur Puyuh

Telur yang memiliki rasa gurih dan kecil ini ternyata juga mengandung kolestrol yang tinggi. Sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita darah tinggi dan kolestrol, satu telur saja mengandung 3640 mg/10gr.

5. Jeroan

Jika waktu muda anda suka mengonsumsi jeroan seperti: Usus, Ginjal, Paru, Hati, Limpa, Otak. Diusia 30 keatas anda harus menghindari makanan ini. Karena makanan jahat bagi pengidap darah tinggi dan kolestrol mengandung 610 mg/10gr sampai 3100mg/10gr.

6. Makanan Dalam Kaleng

Makanan cepat saji atau makanan dalam kaleng seperti sarden maupun buah kaleng belum tentu makanan yang sehat. Karena ia diawetkan dan dikemas dalam kaleng sehingga mengandung sodium yang tinggi menambahkan banyak garam dalam kaleng tersebut.

7. Produk Daging Olahan

Sossis, nugget, dendeng kornet dan lain sebagainya merupakan produk daging olahan. Untuk mengawetkan daging tersebut memerlukan banyak garam sehingga kandungan sodiumnya sangat tinggi.

8. Mie Instan

Mie instan memiliki kadar garam yang tinggi ia memiliki lemak dan kalori yang tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Mengonsumsi satu mie instan saja dapat menaikkan berat badan, sehingga makanan ini merupakan pantangan untuk pengidap kolestrol dan darah tinggi.

9. Makanan Berlemak

Makanan berlemak meliputi : gorengan, mentega, keju, susu lemak tinggi, gajih sapi dan kambing. Jenis makanan ini dapat menaikkan darah tinggi anda selain itu memicu kolestrol pada tubuh dan mempersempit lubang pembuluh darah anda.

10. Makanan Dan Minuman Manis

Meski tidak memiliki riwayat penyakit kencing manis, gula dapat menaikkan darah tinggi anda. Jadi anda perlu untuk mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang manis agar mengurangi kadar kolestrol dan darah tinggi.

Dengan mencegah beberapa pantangan makan diatas, tentunya akan mengurangi darah tinggi dan kolestrol anda. Semoga dengan mengetahui 10 makanan pantangan darah tinggi dan kolestrol membuat anda terhindar dari penyakit ini.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *