Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung

TodayNews – Di dunia ini tak ada yang menginginkan penyakit jantung menimpa pada diri seseorang. Namun jika seseorang tersebut selama ia menjalani kehidupannya dengan baik dan benar maka tidak akan menyebabkan resiko sakit jantung di kemudian hari. Ada banyak faktor penyebab resiko terkena penyakit jantung salah satunya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, buruknya gaya hidup, genetik, galau atau stress, serta melakukan aktivitas yang berlebihan.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung
Penyakit Jantung. pic: newsmax.com

Namun, kebanyakan dari orang saat ini lebih memahami bahwa penyakit jantung itu timbul dikarenakan penderita seorang perokok, usia lanjut, kegemukan (obesitas) dan penderita memiliki tingkat kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu anda perlu menghindari beberapa makanan yang dilarang untuk penyakit jantung, diantaranya

Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung

1. Pizza

Makanan yang terkenal di Negara Amerika ini menempati urutan kedua dalam daftar makanan ‘gurih’ versi Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika. Makanan ini mengandung sodium dan lemak jenuh, bahkan di topping-nya (bila itu daging). Bagi anda penikmat pizza jangan khawatir, sebaiknya pilih topping sayuran sebagai gantinya.

2. Soda

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, minum satu kaleng soda dalam sehari dikaitkan dengan 48% peningkatan risiko sindrom metabolik seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan juga diabetes.

Selain itu, bahan kimia dalam minuman soda sebenarnya dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor munculnya risiko penyakit jantung.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji adalah istilah untuk makanan yang dapat disiapkan dan dilayankan dengan cepat. Mengonsumsi makanan cepat saji (fastfood) sudah menjadi tradisi masyarakat urban di era modern seperti sekarang ini. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan. Makanan cepat saji digolongkan seperti kentang goreng, hotdog, bacon, es krim, burger dsb.

4. Makanan Yang Mengandung Kolestrol Tinggi

Kolesterol tinggi ditunjang dari makanan yang mengandung lemak jenuh, berminyak dan juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, seperti otak sapi, kuning telur, minyak ikan, lobster, kepiting, udang, mentega.

5. Kopi

Minuman seperti kopi juga bisa menjadi salah satu konsumsi yang dapat memicu serangan jantung dan mengakibatkan jantung menjadi bengkak, karena kandungan kafeinnya. Jantung bengkak bisa diakibatkan karena pembuluh darah yang menyempit atau menutup. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa memicu menyempitnya pembuluh darah yang akan menuju jantung yang kemudian menyebabkan jantung membengkak.

6. Permen

Konsumsi gula tingkat tinggi berkontribusi memunculkan obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung.
studi dalam Journal of American Heart Association tahun 2013 menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam memompa darah.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung

7. Makanan Yang Digoreng

Beberapa studi telah menunjukkan, makanan yang digoreng seperti kentang goreng meningkatkan risiko penyakit jantung. Cara memasak seperti digoreng dapat memunculkan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

8. Makanan Berkadar Garam Berlebih

Salah satu dampak atau efek dari mengkonsumsi makanan dengan kadar garam terlalu tinggi akan mengakibatkan kadar darah menjadi meningkat atau disebut dengan darah tinggi. Darah tinggi ini padahal menjadi salah satu penyebab utama dari terjadinya proses pembengkakan pada jantung. Oleh karena itu, hindari makanan dengan kadar garam yang tinggi demi kesehatan jantung.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *