Penyebab Mata Silinder Bagi Kesehatan

TodayNews – Astigmatic-Eye atau yang biasa dikenal dengan sebutan mata silinder, merupakan suatu gangguan mata dimana bentuk kornea atau lensa mata membentuk suatulengkungan, dimanalengkungan ini ada yang membentuk lengkungan horizontal maupun lengkungan vertikal. Mata silinder lebih memiliki kesulitan yang tinggi daripada mata minus.

Penyebab Mata Silinder Bagi Kesehatan
Penyebab Mata Silinder. pic: hellosehat.com

Pada orang yang menderita mata silinder apabila tidak dibantu dengan kacamata ketika membaca huruf O,C,D, G maka akan terlihat seperti angka 3,8,6,0. Berikut ini, penulis akan memaparkan beberapa penyebab mata silinder.

Penyebab Mata Silinder Yang Harus Anda Kenali

1. Faktor Keturunan Atau Genetika

Beberapa orang yang menderita mata silinder dikarenakan karena faktor keturunan atau genetika. Bila ada salah satu anggota keluarganya, entah itu Ibu, Bapak, Kakek atau Nenek yang menderita mata silinder, kemungkinan besar anaknya juga akan menderita penyakit mata silinder. Faktor keturunan ini umumnya akan menurun sebesar diatas 1,5 diopter (1,5 cm).

2. Radiasi Cahaya

Sebagian besar orang yang bekerja di depan layar monitor komputer rentan dengan gangguan mata berupa mata silinder. Mata digunakan di depan radiasi cahaya melebihi batas kemampuannya, Padahal, mata sudah memberikan respon lelah untuk diistirahatkan. Namun, masih tetap berada atau digunakan untuk melihat di depan layar monitor komputer yang tidak dilengkapi dengan pelindung monitor.

Radiasi cahaya lainnya yaitu berasal dari cahaya TV. Melihat TV dengan jarak terlalu dekat bisa menyebabkan mata silinder. Kebiasaan lain yang juga menyebabkan mata silinder adalah, membaca sambil tiduran, membaca di tempat yang cahayanya kurang maupun di tempat yang terlalu terang.

3. Kekurangan Asupan Makanan Vitamin Penting

Makanan sangat penting untuk tubuh manusia, terutama untuk kesehatan mata. Makan makanan yang mengandung vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Misalnya, buah wortel. Buah wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, oleh karenanya sangat baik untuk kesehatan mata.

Contoh makanan lain yang mengandung vitamin A tinggi, yaitu pisang, buah naga, bayam, tomat, susu, dan lain-lain. Bila Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A maka akan berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda. Bisa juga mata Anda akan menjadi silinder.

4. Terkena Penyakit Mata Tertentu

Gejala atau penyakit mata tertentu bisa berpengaruh terhadap mata menjadi silinder. Diantara penyakit mata tertentu yaitu, Keratoconus atau biasa disebut dengan kornea yang membentuk kerucut, Ptosis atau yang biasa dikenal dengan kelopak mata yang menggantung atau kesulitan untuk membuka salah satu kelopak mata, sering bisulan disekitar area kelopak mata.

Bila Anda pernah mengalami penyakit tersebut, Anda harus lebih berhati-hati, karena bisa menyebabkan mata silinder. Selain itu kejadian lain yang juga memicu menyebabkan mata silinder adalah pasca operasi mata serta pasca trauma dari suatu kecelakaan yang mengenai mata.

5. Pemakaian Kaca Mata Yang Terlalu Sering

Pemakaian kaca mata yang terlalu sering juga memicu menyebabkan mata menjadi silinder. Karena menggunakan kaca mata terlalu sering berarti tidak memberikan kesempatan pada mata untuk bekerja mencari titik fokusnya tersendiri. Bisa Anda terlalu sering menggunakan kaca mata, berarti Anda membiasakan mata Anda ketergantungan pada kaca mata untuk melihat.

Penyebab Mata Silinder Bagi Kesehatan

Itulah lima penyebab mata silinder yang harus Anda kenali. Bila Anda tidak ingin mata Anda menjadi silinder Anda harus menjaga kesehatan mata Anda, mulai dari makan makanan banyak mengandung vitamin A, tidak terlalu sering berada di depan layar monitor tanpa pelindung, tidak terlalu dekat ketika melihat TV, serta tidak membaca sambil tiduran.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *