8 Jenis Sayuran yang Mengandung Kalsium Cukup Tinggi Serta Aman Dikonsumsi

TodayNews – Kalsium merupakan salah satu mineral yang memiliki jumlah paling banyak dibandingkan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini berguna untuk membantu pertumbuhan terutama pada bagian tulang manusia. Beberapa orang yang sudah dewasa sering mengalami beberapa penyakit tulang yang dikarenakan tubuh mereka kekurangan kalsium.

Sayuran Mengandung Kalsium Cukup Tinggi Aman Dikonsums
Ilustrasi Sayuran. Pic: hips.hearstapps.com

Hal ini dikarenakan pola makan yang sembarangan serta kepedulian akan kebutuhan kalsium yang kurang diperhatikan. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan salah satunya bisa di dapat dari sayuran. Banyak sekali jenis sayuran yang mengandung kalsium, dan berikut diantaranya.

Berikut beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium serta baik dikonsumsi

1. Bayam

Sayuran yang mengandung kalsium pertama adalah bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana saja. Selain membeli anda juga bisa menanamnya di belakang rumah karena perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Bayam bisa diolah menjadi sayur bening atau pun sup. Kandungan kalsium yang ada pada sayur ini terhitung cukup banyak sekitar 200 mg dan tentu sangat baik untuk tubuh manusia.

2. Lobak

Sayuran yang mengandung kalsium kedua adalah lobak. Satu batang lobak mampu menghasilkan kalsium sekitar 200 mg untuk tubuh. Selain harganya yang terjangkau, sayuran ini juga banyak dijual di pasar atau supermarket.

Dengan begitu anda juga tidak perlu susah-susah mencarinya. Anda bisa mengolahnya menjadi acar atau olahan yang lain sesuai selera anda. Mengkonsumsi lobak setiap hari sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium terutama pada anak saat masa pertumbuhan.

3. Kol

Kol juga termasuk sayuran yang mengandung kalsium cukup tinggi. Sayuran ini sangat mudah didapat karena banyak pedagang atau supermarket yang menyediakannya. Kandungan kalsiumnya pun cukup tinggi yaitu sekitar 90 mg.

Anda bisa mengolah kol dengan cara menumisnya atau sebagai olahan lain seperti sup atau siomay. Sayuran ini juga sangat baik untuk anak kecil karena umur mereka rata-rata sangat membutuhkan asupan kalsium.

4. Brokoli

Brokoli juga termasuk sayuran yang memiliki kandungan kalsium tinggi sekitar 180 mg. Jumlah ini tentu sangat baik untuk tubuh. Namun beberapa orang tidak suka dengan brokoli. Untuk itu anda bisa mengolahnya menjadi sup atau tumis dengan mencampurnya bersama bahan lain agar lebih menggugah selera. Selain itu ternyata brokoli juga cocok untuk anda yang sedang melakukan program diet.

5. Bokchoy

Bokchoy adalah sejenis sayuran hijau yang memiliki bentuk mirip dengan sawi. Sayuran ini ternyata juga memiliki cukup banyak kalsium yaitu sebanyak 74 mg. Jumlah itu tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setiap hari.

6. Kangkung

Selain mudah didapat dan harganya yang relatif terjangkau, ternyata kangkung juga termasuk sayuran yang mengandung banyak sekali kalsium. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga baik untuk pencernaan.

7. Kale

Selain brokoli dan bayam, ternyata kale juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh manusia. Selain itu sayuran ini juga mengandung vitamin, zat besi, fosfor, serta garam yang cukup. Kale juga cocok untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Hal ini dikarenakan kandungan kalorinya hanya sekitar 35% saja. Kandungan kolesterol yang rendah juga cocok untuk anda yang memiliki masalah dengan jantung. Anda bisa menggunakan kale sebagai menu sehat setiap hati.

8. Okra

Okra juga termasuk sayuran yang mengandung kalsium cukup tinggi. Namun beberapa orang mungkin asing dengan sayuran yang satu ini. Okra merupakan sayuran yang rendah kalori karena pada 100 gramnya hanya mengandung 30 kalori saja.

Selain itu kandungan Vitamin A yang cukup tentu sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu Vitamin A juga sangat diperlukan kulit agar tetap sehat dan terjaga.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *