Sejuta Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

TodayNews – Sudah sangat mudah sekali bagi kita menemukan buah yang satu ini, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Buah yang memiliki kandungan air hampir 90 persen dengan daging buahnya berwarna merah yang sangat menggugah para penikmatnya apalagi ketika cuaca panas. Apalagi kalau bukan buah semangka.

Sejuta Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan
Khasiat Buah Semangka. pic: fthmb.tqn.com

Pada awalnya buah ini berasal dari Afrika Selatan yang masih satu keluarga dengan suku timun-timunan, seperti melon, labu dan ketimun. Banyak sekali khasiat buah semangka bagi kesehatan yang tersembunyi dibalik kandungan semangka yang memiliki serat dan antioksidan yang tinggi dibandingkan buah-buahan jenis lainnya. Berikut sejuta khasiat buah semangka yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Sejuta Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah semangka mengandung Likopen yang berfungsi membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, semangka juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung dikarenakan kandungan senyawa asam amino Citrulline di dalamnya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam semangka berfungsi membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Sehingga membantu tubuh saat berada dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung.

3. Memelihara Kesehatan Rambut Dan Kulit

Khasiat buah semangka yang lain adalah dapat memelihara kesehatan rambut dan kulit. Dengan kandungan vitamin A yang mampu bekerja memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan pada kulit dan bersisik.

Selain vitamin A, juga terdapat vitamin C yang membantu memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang mampu membuat kulit menjadi kenyal dan rambut lebih kuat. Kedua vitamin ini juga melindungi kulit dari panasnya sinar matahari.

4. Meringankan Nyeri Otot

Selain memelihara kesehatan jantung, senyawa asam amino Citrulline dalam buah semangka juga dapat membantu meringankan nyeri otot. Khasiat buah semangka ini dibuktikan dari penelitian pada atlet yang membuktikan jus semangka dengan tambahan Citruline dapat membantu meringankan nyeri otot dan pemulihan denyut jantung. Dalam penelitian lain dikatakan bahwa senyawa Citrulline dapat meningkatkan kinerja pada saat olahraga.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Yang menakjubkan dari khasiat buah semangka yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Senyawa Likopen yang terkandung di dalamnya merupakan pigmen karatenoid sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dalam kehidupan sehari-hari tubuh kita pasti menjumpai asap kendaraan bermotor, asap pabrik ataupun udara yang kotor yang memicu masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dan sudah diketahui bahwa penyebab besar terjadinya kanker adalah adanya radikal bebas di dalam tubuh.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Seperti telah diketahui bahwa vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Dalam buah semangka mengandung betakaroten yang diubah menjadi vitamin A. Hal ini dibuktikan dari warna merah pada daging buah semangka pada umumnya.

7. Memperkuat Tulang

Buah semangka kaya akan kandungan kalium. Kalium berkhasiat mempertahankan kalsium di dalam tubuh yang menyebabkan tulang dan persendian menjadi lebih kuat dan sehat.

8. Memelihara Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi tubuh yang berperan mengeluarkan urin. Khasiat buah semangka kali ini adalah dapat membantu kelancaran aliran urin. Aliran urin yang lancar dapat membantu memelihara kesehatan dari organ ginjal.

9. Cocok Untuk Diet

Manfaat senyawa Citrulline dalam buah semangka yang lain adalah dapat mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh. Jadi buah semangka cocok sekali dikonsumsi untuk kamu yang tengah melakukan program diet.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebagai buah berair, tentunya semangka memiliki serat yang tinggi yang akan sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Kandungan air dalam semangka dapat memperlancar pergerakan saluran pencernaan dan serat dalam semangka dapat meningkatkan massa feses. Usus-usus dalam sistem pencernaan juga akan bekerja lebih baik.

Sejuta Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Sebenarnya masih banyak khasiat buah semangka bagi kesehatan. Karena selain yang disebutkan di atas, nutrisi dalam semangka yang lain juga masih banyak seperti kalori, karbohidrat, protein, gula, berbagai jenis vitamin, fosfor dan lainnya yang tentunya memiliki peran masing-masing dalam tubuh.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *