Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat

TodayNews – Sudah menjadi sesuatu yang paten dalam diri masyarakat Indonesia bahwasanya perut bisa kenyang kalau sudah makan nasi. Nasi putih atau beras yang sudah masak ini menjadi sumber utama karbohidrat hampir seluruh masyarakat Indonesia. Sampai-sampai Indonesia sendiri meskipun disebut sebagai negara agraris, tapi kebutuhan akan beras yang melambung tinggi mengharuskan Indonesia mengimpor beras dari negara tetangga.

Mengkonsumsi beras dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes sampai obesitas. Hal ini dikarenakan di dalam beras memiliki indeks glikemik (GI) yang mengatur ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah lumayan tinggi.

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Lebih Sehat
Sumber Sehat Karbohidrat. pic: facebook.com

Semakin cepat kenaikan gula darah menandakan bahwa GI suatu makanan tersebut semakin tinggi. Untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat kamu, dengan GI yang lebih rendah, kamu bisa mengkonsumsikarbohidrat pengganti nasi yang memiliki gizi yang tidak kalah tinggi.

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat

Berikut sumber karbohidrat pengganti nasi yang tentunya jauh lebih sehat untuk kamu konsumsi.

1. Kentang

Kentang sebagai salah satu karbohidrat pengganti nasi yang lebih banyak memiliki variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. 100 gram kentang mengandung karbohidrat 15,9 gram, kalori 70 kkal, lemak 0,1 gram, protein 1,89 gram, kalsium 10 miligram, besi 0,73 miligram, vitamin K 2,9 mcg dan vitamin C 11,49 miligram. Kandungan gizi dalam kentang juga dipengaruhi dari cara mengolahnya. Salah dalam pengolahan kentang dapat menjadikan kolesterol jahat. Sebaiknya cara mengolah kentang cukup dengan direbus atau dikukus, dimasak dan dimakan beserta kulitnya akan mengandung vitamin yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

2. Singkong

Sumber karbohidrat pengganti nasi yang lain yang memiliki GI rendah yaitu singkong. 100 gram singkong mengandung karbohidrat 34 gram, kalori 121 kkal, lemak 0,3 gram, protein 1,2 gram, kalsium 33 miligram, besi 0,7 miligram, air 62,5 gram, fosfor 40 gram, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 30 miligram. Manfaat singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dikarenakan mengandung serat yang cukup tinggi. Sebaiknya cara mengolah kentang cukup dengan direbus atau dikukus, dibakar atau bisa dibuat tepung.

3. Ubi

Di Indonesia banyak dijumpai ubi yang diolah menjadi camilan-camilan manis. Padahal ubi sangat lezat jika dijadikan sebagai pendamping protein. Sebagai karbohidrat pengganti nasi, ubi memiliki kandungan pemanis alami yang tidak membahayakan dan juga membuat perut kenyang. Ubi dapat diolah dengan cara dipanggang. Ubi panggang rata-rata hanya mengandung 100 kalori.

4. Jagung

Jagung memiliki rasa manis yang berasal dari fruktosa. Fruktosa merupakan pemanis alami yang aman dikonsumsi karena sebelum tercerna, fruktosa terbuang bersama urin dan tidak diserap oleh tubuh. Selain itu, sumber karbohidrat pengganti nasi ini memiliki pigmen warna bermanfaat bagi kesehatan mata dan paru-paru. Sebaiknya jagung cukup diolah dengan direbus atau dikukus, dibakar atau dijadikan nasi jagung.

5. Talas

Selain baik untuk penderita diabetes, karbohidrat pengganti nasi satu ini mengandung kalori yang rendah yang cocok untuk diet. 100 gram talas mengandung karbohidrat berupa pati 77,9 persen, kalori 142 kkal, lemak 0,75 gram, protein 1,9 gram, kalsium 28 miligram, besi 1 miligram, fosfor 61 miligram, vitamin A 20 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 2 miligram.

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat

Manfaat talas dalam kesehatan yaitu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko serangan jantung. Sebaiknya talas cukup diolah dengan direbus tanpa tambahan apapun. Baru-baru ini banyak yang mengolah talas menjadi cakedan camilan sehat bahkan ada yang dipadukan dengan sayuran dan daging cincang.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *