Tahukah Anda Beberapa Hal Menyebabkan Kulit Kering

TodayNews – Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali menjadi obyek keindahan seseorang. Kulit yang sehat dan kencang tentunya menjadi idaman bagi semua orang. Namun terkadang seringkali timbul permasalahan pada kulit seperti terjadinya kulit kering. Kulit kering biasanya terlihat kusam dan kurang bercahaya karena kelembaban kulit berkurang.

Hal Menyebabkan Kulit Kering
Hal Menyebabkan Kulit Kering. pic: thesleuthjournal.com

Beberapa hal yang ditimbulkan dari efek kulit kering seperti munculnya kerutan-kerutan pada kulit, jika lama-lama dibiarkan bisa menyebabkan penuaan dini. Tentunya Anda tidak mau terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya? Untuk itu cegahlah salah satu faktor penyebab kulit kering. Dengan mengetahui apa saja faktor itu Anda dapat menghindari kebiasan-kebiasaan yang tanpa Anda sadar dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Tahukah Anda Beberapa Hal Menyebabkan Kulit Kering

1. Cuaca Dingin

Cuca udara yang dingin serta kelembaban udara yang rendah dapat menyebabkan kulit terasa kering. Hal ini bisa terjadi ketika kita terlalu lama berada pada ruangan yang ber-AC. Suhu ruangan yang terlalu dingin dapat menjadi sebab lingkungan kurang lembab sehingga menyebabkan kulit kering jika berlama-lama berada pada ruangan.

2. Penggunaan Sabun Yang Salah

Hal yang seringkali tidak dihiraukan oleh sebagian orang adalah dalam pemilihan sabun mandi. Mereka beranggapan bahwa sabun mandi apapun bisa digunakan asalkan dapat membersihkan tubuh. Tahukah Anda jika penggunaan sabun mandi yang salah juga bisa menimbulkan kulit kering? Hal ini terjadi karena memang tidak semua jenis sabun dapat melembabkan kulit Anda. Untuk itu pilihlah sabun Anda secara cermat.

3. Semakin Bertambahnya Usia

Semakin bertambahnya usia semakin menurunnya hormon dalam tubuh. Sehingga produksi pelembab alami pada kulit tubuh semakin berkurang, maka tidak heran jika semakin bertambah usia kulit Anda semakin kering.

4. Pemakaian Handuk Secara Langsung Setelah Mandi Yang Keliru

hal yang Biasanya dilakukan kebanyakan orang setelah mandi adalah mengeringkan tubuh menggunakan handuk dengan cara menggosok-gosokkan handuk ke bagian tubuh. Handuk yang digosok-gosokkan pada permukaan kulit tubuh inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk itu diperlukan cara tertentu agar menggunakan handuk yang tidak akan membuat kulit Anda menjadi kering. Caranya dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dalam mengeringkan kulit.

5.Mandi Dengan Air Panas

Ketika tubuh terasa lelah akibat aktivitas kerjaan seharian penuh memang rasanya enak jika mandi menggunakan air hangat. Taukah Anda jika kebiasaan mandi dengan air panas terlalu sering juga akan berdampak mengurangi kelembaban kulit Anda. Air Panas yang Anda gunakan untuk mandi dapat merampas kelembaban alami kulit dan membuatnya semakin kering. Untuk itu jangan terlalu sering mandi dengan air panas.

6.Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Terlalu sering membersihkan wajah dengan produk pembersih juga menjadi penyebab kulit kering. Mungkin kita seringkali dihadapkan pada lingkungan yang terdapat banyak polusi, sehingga kulit kita terasa kotor, berminyak dan penuh dengan debu.

Tahukah Anda Beberapa Hal Menyebabkan Kulit Kering

Jika tidak dibersihkan tentunya dapat menimbulkan masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan lain-lain. Melakukan pembersihan wajah dalam kadar normal tentunya bermanfaat bagi kesehatan, namun jika penggunaannya terlalu sering justru membuat kelembaban kulit berkurang.

7.Kurangnya Minum Air Putih

Sudah tidak menjadi hal yang asing lagi bahwa minum air putih dapat menjaga kelembaban kulit Anda. Memang sudah diakui bahwa sebagian besar tubuh kita memang terdiri dari air. Maka tidak heran jika kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi. Perihal kulit wajah kering biasanya terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu konsumsilah air putih sesuai kebutuhan harian Anda, dengan mengonsumsi air dalam kadar yang pas dapat menjaga kelembaban kulit Anda.

Demikian sekilas artikel terkait penyebab kulit kering, semoga dengan mengetahui informasi-informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *