Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

TodayNews – Bulan puasa atau bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu umat muslimin diseluruh penjuru dunia. Mengapa demikin? karena pada bulan inilah kaum muslimin dan kaum muslimah secara beramai-ramai dapat menjalankan perintah Allah SWT yang merupakan rukun islam keempat yakni menjalankan ibadah puasa.

Sebagai makhluk yang beriman kepada Allah kita wajib sob menjalankan ibadah puasa tersebut, yah itulah konsekunsi yang harus ditaati sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita umatnya tentang keutamaan dari bulan suci ramadhan.

Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag
Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag. pic: img.okeinfo.net

Beliau juga bersabda pada bulan ramadhan kita para umatnya harus menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah disariatkan, ibadah tersebut berupa menjalankan ibadah puasa, solat tepat waktu, solat sunah taraweh dan witir dan terakhir kita juga wajib membayar zakat fitrah agar kembali fitrah (suci).

Kegiatan tersebut berguna agar kita dapat berlomba-lomba mencari berkah dibulan suci ramadhan tersebut.

Sob tahukah kamu maksud dari menjalankan kewajiban ini adalah kita harus mengerjakan semua perintah Nya termasuk berpuasa, jika kita tag puasa maka akan mendapat dosa loh sob. Wah ternyata Banyak ya kegiatan yang bisa kita lakukan ya dibulan suci ramadhan, tapi pada kesempatan ini saye nak ngeshare seputar menjalankan ibadah puasa dan seputar bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa di bulan ramadhan?

Wah tentunya pasti report jika menjalankan ibadah puasa seseorang yang menjalankan ibadah puasa tersebut memiliki penyakit khusus misalnya saja punya penyakit maag apalagi penyakit maag yang sudah koronis setadium lanjut…he…, mau niatnya mendekatkan diri kepada Allah malah penyakit pula yang dapet…report ya.. tapi insyallah sob jika nianya ibadah maka akan bisa menjadi obat kok.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi orang yang memiliki penyakit khusus (maag) dalam melakukan ibadah puasa tersebut. Berikut informasi sehat berpuasa bagi penderita maag menurut para ahli kedokteran dunia:

1) Pada saat berbuka, jangan langsung makan dalam porsi besar. Berbukalah dengan makanan ringan atau buah dalam porsi kecil dan dilanjutkan dengan makanan porsi lengkap setelah selesai sholat maghrib.

2) Pada saat berbuka puasa dan sahur, konsumsi makanan tinggi serat dan dengan kadar indeks glikemik yang rendah seperti nasi merah dan roti gandum.

3) Jangan pernah melewatkan makan sahur dan makanlah dengan porsi lengkap. Kebiasaan buruk yang terjadi adalah makan sahur sering terlewat karena ketiduran atau sahur hanya dengan nasi dan mi instan saja. Anda perlu memperhatikan kedisiplinan dalam makan dan kualitas menu makanan. Hindari makan yang berminyak dan berlemak karena justru mempercepat pengosongan lambung dan mudah menjadi cepat lapar.

4) Hindari makanan yang terlalu manis saat sahur, karena akan memicu hormon insulin berlebihan dan terjadi kondisi hipoglikemi (kadar gula rendah). Hindari sayuran seperti kubis atau kol karena dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung.

5) Penderita maag juga diharapkan hindari tidur setelah sahur karena langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pancreas Karenanya proses pencernaan berjalan lebih cepat saat tidur.

6) Makanan yang harus dihindari dari penderita penyakit maag antara lain Kopi, makanan pedas dan asam, makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak sulit dicerna sehingga membebani lambung.Makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis, dan kacang-kacangan karena bias membuat kembung.

Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

Minuman beralkohol, cokelat, keju dan merica. Semua makan itu, menyebabkan peningkatan asam lambung dan melukai dinding lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan tersebut baik saat puasa maupun tidak.

Setelah membaca artikel yang berisi informasi seputar Tips Sehat menjalankan puasa bagi penderita maag semoga dapat menjadi manfaat bagi pembaca. Tapi ingat ya sob sekecil apapun penyakit maag tersebut kita juga harus mau memeriksanya kedokter sehingga tahu penyakit apa yang kita derita.

Karena melalui saran dokterlah kita dapat mengetahui apakah penyakit yang kita hadapi mengizinkan untuk melakukan ibadah puasa tersebut. (raff)
Sumber: http://aku-suka-menulis.blogspot.com

You May Also Like

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *