11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya

  • Whatsapp
11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya
11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya

Today.co.id – Kerontokan rambut bisa datang tanpa diduga-duga. Orang di zaman dulu mengira bahwa “kebanyakan mikir” seringkali diduga menjadi biang kerok dari masalah ini, sehingga tak jarang profesor dan orang pintar lainnya memiliki rambut tipis hingga kepala botak seluruhnya.

Padahal penelitian di masa kini telah membuktikan bahwa dugaan masyarakat kita tersebut hanyalah mitos belaka. Malah sebagian besar penyebabnya bisa dikarenakan pola makan dan faktor genetik.

Bacaan Lainnya

Untuk rambut rontok yang disebabkan oleh pola makan biasanya terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi tertentu, termasuk riboflavin, biotin, folat, dan vitamin B12. Masalah ini tentunya masih bisa diatasi dengan meningkatkan kembali asupan vitamin-vitamin tersebut.

Berbeda dengan kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik, maka kondisi ini tidak akan bisa diatasi oleh tubuh anda secara alami. Anda perlu melakukan beberapa langkah pengobatan baik secara mandiri maupun berkonsultasi dengan dokter.

Malahan kerontokan rambut telah terkait dengan beberapa jenis penyakit yang harus diobati dengan resep dokter. Beberapa jenis yang paling umum diantaranya:

  • Alopecia Areata. Diobati dengan steroid, vasodilator, anti-radang, dan imunosupresif.
  • Alopesia Androgenetik. Diobati dengan vasodilator dan obat retensi urinitas.
  • Telogen Effluvium. Diobati dengan jenis obat-obatan yang suka digunakan untuk melawan stres.
  • Anagen Effluvium. Diobati dengan vasodilator dan pengawasan dari dokter.

Tetapi apapun jenis penyakit yang menyebabkan rambut anda rontok, semuanya masih bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana (atau membantu pengobatan anda) seperti yang sudah kami tuliskan di bawah ini secara lengkap.

  1. Bawang Putih

  • Haluskan 4-5 siung bawang putih.
  • Campurkan dengan 2 siung bawang bombay yang juga telah dihaluskan sebelumnya.
  • Masukkan ke dalam air putih lalu saring.
  • Oleskan cairan tersebut pada rambut.
  • Pijat halus kulit kepala anda secara merata.

Anda juga boleh mencampurkan irisan bawang putih ke dalam sampo yang biasa dipakai. Sayuran ini akan bertindak sebagai antibiotik dan mencegah bakteri serta infeksi penyebab rambut rontok. Saat rambut anda berhasil tumbuh, maka campuran ini pun bisa memperkuat rambut anda secara nyata.

Bawang putih memiliki sifat anti mikroba yang membantu membunuh kuman dan bakteri sebagai penyebab dari kerusakan pada kulit kepala, yang mana seringkali menghambat pertumbuhan rambut.

Selain itu, sayuran ini juga dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan rambut sekaligus membantu produksi kolagen yang akan merangsang pertumbuhan rambut.

Bawang putih juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mencegah penyumbatan folikel di rambut. Dengan begitu, sayuran ini bisa sangat efektif dalam mencegah rambut rontok.

Sebuah studi tahun 2007 menunjukkan bahwa mengoleskan gel bawang putih dapat membantu pertumbuhan kembali rambut bagi para penderita alopecia areata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *