11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya

  • Whatsapp
11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya
11 Cara Mengobati Rambut Rontok, Lengkap Bersama Resepnya

Tanaman lidah buaya juga merupakan sumber asam amino esensial, asam lemak, serta vitamin A, C, E, dan B12 yang sangat baik. Bersama-sama, semua nutrisi tersebut dapat mendorong pertumbuhan kembali rambut, sekaligus menjaga rambut tetap bergizi dan terhidrasi dengan baik.

Kandungan protein, vitamin dan mineral yang tinggi pada gel lidah buaya tidak hanya menutrisi folikel rambut agar tetap sehat, tetapi juga mampu mengontrol kerontokan rambut yang sangat parah.

Bacaan Lainnya

Ditambah lagi, enzim alami dari lidah buaya bisa menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan dan jamur penyebab ketombe (malassezia), sekaligus menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan kelembapan rambut secara efektif.

  1. Cabe Rawit

  • Campurkan 1-2 sdt cabai rawit dengan 1-2 sdt minyak zaitun.
  • Ini akan menghasilkan pasta kental yang bisa anda gosokkan di dasar kulit kepala dan bagian yang botak.
  • Pijat pasta secara menyeluruh.
  • Tutupi kepala anda dengan topi mandi dan biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Cabai rawit telah terbukti secara ilmiah sebagai perawatan rambut rontok, mengatasi folikel yang tersumbat, dan membantu pertumbuhan kembali rambut secara efektif.

Bahkan jika capsaicin (senyawa unik dalam cabai rawit) anda gabungkan dengan isoflavon, maka bisa menjadi pengobatan kebotakan secara alami. Kombinasi kedua nutrisi tersebut dapat meningkatkan produksi IGF-I di folikel rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Efek capsaicin dan isoflavon tersebut dimediasi oleh aktivasi neuron sensorik di kulit.

Tetapi pastikan untuk tidak menggunakan cabai rawit secara langsung ke atas kepala anda, karena bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit.

  1. Cuka Sari Apel

Seorang dokter kulit NYC bersertifikat dan asisten profesor Dermatologi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai bernama Debra Jaliman, MD, memberikan kita resep khusus untuk menggunakan cuka sari apel sebagai pengobatan rambut rontok, yaitu:

  • Campurkan 3-4 sdm cuka sari apel dengan 1 gelas air dalam botol semprot.
  • Semprotkan ke kulit kepala dan pijat
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Bilas dengan sampo dan air bersih.

Cuka sari apel dapat membantu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Menariknya, anda bisa menggunakan cairan ini setiap hari.

‚ÄúDengan menambahkan cuka sari apel ke dalam rutinitas perawatan rambut anda, maka akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan cara menangkal bakteri dan menjaga tingkat pH yang seimbang,” Jelasnya.

  1. Jus Bawang Bombay

Saat dioleskan ke rambut dan kulit kepala, jus bawang bombay bisa menjadi sumber sulfur yang mendukung rambut tetap kuat dan tebal, sehingga mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan.

Kandungan belerangnya tersebut juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan dipercaya meningkatkan sirkulasi di kulit kepala anda.

Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita alopecia areata juga telah menemukan bahwa pertumbuhan rambut mulai terjadi tepat setelah 2 minggu menggunakan jus bawang bombay, yang dioleskan ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari.

Hampir 74 persen peserta dari penelitian tersebut mengalami pertumbuhan kembali rambut setelah 4 minggu. Setelah 6 minggu berlalu, kesuksesan bertambah hingga 87 persen.

  1. Telur

  • Siapkan satu butir putih telur
  • Tambahkan 4-5 sendok minyak almond.
  • Campurkan bersama-sama dan oleskan campuran tersebut ke kulit kepala anda.
  • Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Hindari penggunaan sampo untuk cara ini.
  • Untuk hasil yang maksimal, makan juga telur utuh setidaknya sebanyak 2 kali sehari.

Telur membantu menghilangkan rambut rontok dengan cara menstimulasi kulit kepala dan memberi nutrisi pada folikel rambut, sehingga memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.

Sementara kuning telurnya secara khusus mengandung biotin, yang mana mampu meningkatkan elastisitas rambut dengan cara melembabkannya. Selain itu, telur dapat mengekang kerusakan dan mencegah timbulnya ujung rambut yang bercabang.

  1. Minyak Jojoba

  • Gosokkan minyak di antara telapak tangan
  • Pijat dengan lembut ke kulit kepala dan ke seluruh rambut
  • Pastikan Anda memijat secara menyeluruh di bagian rambut rontok paling tipis, biasanya bagian sekitar atas kepala, garis rambut, dan pelipis.
  • Pijat minimal 2-3 menit.
  • Bersihkan dengan air hangat.

Perlu diingat bahwa minyak jojoba bukanlah perawatan khusus untuk rambut rontok atau rambut rusak. Akan tetapi masih bisa menjadi tambahan perawatan untuk mengatasi masalah rambut anda. Komposisi jojoba sangat mirip dengan sebum, yang berarti dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut yang kuat.

Minyak ini juga sering digunakan untuk melembabkan kulit kepala yang kering, menyeimbangkan produksi sebum, dan meredakan masalah yang berkaitan dengan pori-pori dan folikel rambut yang tersumbat.

Dikarenakan sifatnya yang non-alergi dan non-komedogenik, maka minyak jojoba bisa anda gunakan secara aman karena cenderung tidak akan menyumbat pori-pori atapun mengiritasi kulit kepala anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *