Analisa Fundamental Saham

  • 3 min read
  • Mei 17, 2021
Analisa Fundamental Saham

Sebagian dari anda mungkin masih bingung mengenai fundamental saham. Analisa fundamental saham adalah salah satu cara untuk berinvestasi yang dilakukan di pasar modal. Dimana mampu mendatangkan keuntungan, jaminan hidup yang tenang dan juga aman. Namun, masih banyak yang belum paham mengenai hal satu ini. berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Fundamental Saham

1. Margin of Safety (MOS)

Konsep satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin Graham di dalam bukunya. Sebenarnya konsep satu ini memiliki maksud yang simpel namun sangat powerfull. Dimana ketika anda membuat sebuah prediksi, maka pastikan untuk membuat buffer juga. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya ketidakpastian yang mungkin terjadi di masa depan.

Cara Analisa Fundamental Saham
Cara Analisa Fundamental Saham

Selain itu, ketika anda membuat prediksi dan acuan pada harga akan membuat anda bisa lebih tahu tentang perkiraan yang terjadi di masa mendatang. Dengan adanya Margin of Safety dapat menjadi salah satu bentuk prediksi dari harga yang anda buat di masa yang akan datang tersebut.

2. Memilih Perusahaan yang Bagus

Poin penting pada analisa fundamental saham yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan yang bagus. Untuk itu, anda bisa mencari perusahaan yang bagus dan solid di masa mendatang. Tentunya yang memiliki kinerja akan keuangan yang baik dan telah memiliki prospek bagus di masa mendatang.

Sehingga, dalam memilih perusahaan ini anda tidak boleh sembarangan. Istilahnya, anda harus pilih perusahaan yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dalam menentukannya anda bisa melihat bagaimana kinerja dari perusahaan tersebut di masa lalu. Minimal gunakan waktu selama 5 tahun kebelakang untuk melakukan penilaian tersebut.

Dengan bermodalkan kinerja perusahaan di masa lalu, dapat memudahkan anda untuk memberikan prediksi bagaimana perusahaan tersebut di masa mendatang. Terlebih lagi, ketika anda mampu menguasai bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut, hal ini dapat menjadi salah satu poin tambahan.

Baca juga Perbedaan Investor dan Trader

3. Menguasai Laporan Keuangan

Ketika anda memiliki kemampuan untuk menguasai laporan keuangan, hal ini akan menjadi salah satu poin penting dalam analisa fundamental saham. Ibaratnya, laporan keuangan adalah kitab suci untuk memulai saham. Selain itu, terdapat beberapa teknik atau indikator dari fundamental rasio yang bisa digunakan untuk mengevaluasi perusahaan tersebut.

Pertama adalah Return on Equity atau ROE. Dalam poin ini, anda bisa menghitung laba perusahaan, berapa returnnya dan berapa yang bisa dihasilkan jika dibandingkan dengan modal yang disetor oleh pemegang saham. Apabila memiliki laba yang semakin tinggi, tentu saja akan memiliki dampak yang semakin baik.

Kemudian ada pula Earning per Share atau EPS, dimana memiliki arti yakni profit yang dihasilkan oleh perusahaan. Ketika EPS semakin tinggi tentunya akan semakin baik. Sebab ES ini menjadi salah satu faktor yang penting di dalam menentukan PER yang bertujuan untuk menetapkan valuasi dari harga saham tersebut.

Selanjutnya ada teknik Asset and Liability. Dimana teknik satu ini adalah untuk menghitung aset yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga nantinya anda akan tahu apakah aset tersebut cukup untuk menghasilkan keuntungan dari perusahaan. Selain itu, ada pula hutang bank. Pada teknik satu ini, untuk menghitung seberapa besar hutang bank yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Cara menganalisa Fundamental Saham
Cara menganalisa Fundamental Saham

Analisa fundamental saham pada bagian laporan keuangan ini juga termasuk dari analisa cash flow. Dengan adanya analisis ini akan berfungsi untuk menunjukkan kemampuan dari perusahaan apakah mampu untuk menghasilkan kas. Pasalnya, kas sendiri merupakan jantung dari perusahaan dan pastinya memiliki fungsi yang sangat penting.

Untuk itu, ketika anda mempelajari laporan keuangan, anda bisa membedah analisa fundamental rasio tersebut. Tentu saja hal ini juga bukan hal yang mudah. Sebab di dalam menguasai laporan keuangan, anda pun perlu untuk memahami bagaimana berjalannya bisnis dari perusahaan tersebut.

Itulah tiga hal utama yang perlu untuk anda perhatikan dalam fundamental saham. Ketiganya memiliki fungsi yang penting sehingga anda pun bisa menentukan perusahaan mana yang anda inginkan untuk investasi. Dengan mengetahui dan paham tentang analisis dari fundamental saham ini tentunya akan berguna untuk menentukan bagaimana saham anda kedepannya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *