Apa Itu Dividen Saham?

  • 3 min read
  • Jul 30, 2021
Pengertian Dividen Saham

Masyarakat saat ini sudah mulai banyak melirik berbagai instrumen investasi untuk menyiapkan masa depan. Salah satunya dunia saham, dimana sebelumnya saham banyak dimainkan di masyarakat menengah ke atas. Kini, berbagai lapisan mulai melirik saham karena dinilai menguntung. bagi anda yang tertarik, pastikan anda tahu apa itu dividen saham?

Mengenal Dividen Saham Lebih Dekat

1. Pengertian Dividen Saham

Dividen saham merupakan pembayaran dividen pada pemegang saham. Pembayaran dilakukan dalam bentuk saham bukan yang tunai. Mengingat dividen sendiri merupakan bagian atas keuntungan yang dimiliki oleh badan usaha maupun perusahaan. Untuk jumlah dividen akan diberikan berdasarkan jumlah keuntungan yang dimiliki.

Selain itu juga ditentukan berdasarkan nilai saham milik investor. Sebelumnya, akan diadakan lebih dahulu Rapat Umum Pemilik Saham untuk menentukan berapa besaran laba atau keuntungan. Masing masing perusahaan akan memiliki acuan, tentang jumlah pembayaran hingga proses pembayarannya.

Bukan hanya mengetahui apa itu dividen saham, anda juga harus tahu jika dalam keputusan dividen ada dividen yang stabil dan tidak. Apabila dividennya stabil, maka anda bisa memperkirakan jumlah yang nantinya didapatkan. Dan jika dividen tidak stabil jumlahnya tentu bisa berubah ubah atau bahkan tidak akan anda dapatkan dengan alasan tertentu.

2. Jenis Dividen

Pemberian dividen kepada pemegang saham pada sebuah badan usaha atau perusahaan memang memiliki beberapa jenis. Perbedaan tersebut ditentukan berdasarkan kemampuan juga posisi perusahaan. Sekiranya ada beberapa jenis dividen yang bisa didapatkan, yang pertama adalah dividen tunai. Seperti namanya, maka pencairan dilakukan secara tunai atau cash.

Jenis Dividen
Jenis Dividen

Jenis satu ini terbilang paling banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Investor juga lebih berminat dengan perusahaan seperti ini, karena keuntungannya bisa langsung digunakan. Sehingga dividen yang diberikan kepada para pemegang saham memang tak hanya berupa saham saja. Karena bisa digantikan juga oleh barang tertentu.

Untuk itu mengenal apa itu dividen saham saja rasanya tidak cukup. Untuk jenis dividen saham sendiri, pemegang akan bisa mendapatkan dividen yang lebih tinggi jika perusahaan mengalami peningkatan laba. Keuntungan jenis ini posisi likuiditasnya stabil, karena akan langsung ditambahkan pada nilai saham yang dimiliki oleh para investor.

Jenis yang berikutnya adalah dividen barang yang diberikan berupa barang atau aktiva lainnya. Untuk jenis ini, ada baiknya untuk memberikan barang yang sama. Bukan hanya dividen barang, ada juga dividen skrip yang dibayarkan melalui janji utang atau skrip. Lewat skrip, perusahaan akan mencantumkan hak investor yang akan dibayarkan ketika jatuh tempo.

3. Cara Menghitung Nilai Dividen

Sebelum anda terjun dalam dunia saham, anda juga harus tahu bagaimana cara menghitung dividennya. Dalam cara menghitung nilai dividen, ada 3 elemen dasar yang tidak boleh diabaikan. Elemen tersebut adalah keuntungan bersih perusahaan atau EPS, jumlah saham yang beredar dan rasio pembayaran dividen atau DPR.

Cara Menghitung Nilai Dividen
Cara Menghitung Nilai Dividen

Jika EPSnya telah diketahui, maka perusahaan bisa menentukan jumlah  DPR yang akan diberikan pada pemilik saham. Rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah Dividen = EPS dikalikan DPR dalam bentuk prosentase. Jika sudah menemukan jumlahnya, anda bisa menggunakan rumus lanjutannya yakni Dividen setiap saham = Dividen dibagi dengan saham yang beredar.

4. Prosedur Pembagian Dividen

Bagi perusahaan, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan saat akan membagi dividen. Sebelum nantinya semua dividen diterima oleh masing masing pemilik saham di sebuah perusahaan. Prosedur yang paling awal adalah tanggal pengumuman, dimana akan diinformasikan bentuk juga besaran dividen yang akan didapatkan.

Pada prosedur ini juga akan diumumkan kapan dividen akan diberikan. Selanjutnya ada tanggal pencatatan, dalam prosedur ini akan ada pendataan nama pemilik saham yang berhak menerima dividen. Dilanjutkan dengan tahapan ketiga yakni tanggal cum dividen, hari terakhir dilakukannya jual beli saham

Baca Juga Cara Jual Beli Saham

Tahapan selanjutnya dalam prosedur dividen saham adalah ex dividen yang artinya dividen tidak lagi ada pada saham yang dijual belikan. Atau bisa diartikan bagi investor yang membeli saham setelah pengumuman tidak akan mendapatkan dividen. Dan langkah dalam prosedur apa itu dividen saham adalah tanggal pembayaran, yakni tanggal dividen dibagikan.

Dunia saham menjadi alternatif bagi para pebisnis yang ingin membuat nilai uangnya tetap aman. Karena saham semakin hari nilainya akan bertambah, dan para investor bisa mendapatkan dividen ketika kinerja perusahaan baik. Namun, pastikan untuk memahami terkait saham ketika akan memutuskan terjun dalam dunia saham.

Post Terkait :

One thought on “Apa Itu Dividen Saham?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *