Cara Investasi Property Pemula

  • 3 min read
  • Jul 29, 2021
Cara Investasi Property Pemula

Harga properti yang tiap tahunnya semakin mengalami peningkatan, membuat banyak orang mulai tertarik untuk berinvestasi pada bidang tersebut. Apalagi saat ini masyarakat semakin sadar pentingnya investasi untuk masa depan. Bagi anda yang baru memulai kiprah di sini, berikut cara investasi property pemula yang bisa dilakukan.

Cara Melakukan Investasi Property

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum anda benar benar terjun sebagai investor properti yaitu menentukan tujuan. Tujuan merupakan hal penting dalam setiap usaha yang dilakukan. Karena dengan adanya tujuan ini, maka anda bisa mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapainya dan tidak sampai salah dalam mengambil langkah.

Dalam menetapkan tujuan di sini, berarti diperlukan tenggat waktu untuk mencapainya. Misalnya seseorang akan pensiun dalam waktu 4 tahun memilih melakukan investasi properti ini dengan daerah yang cukup jauh dari perkotaan. Upaya yang dilakukannya tentu sedikit keliru. Karena jika tenggatnya 4 tahun, maka harusnya ia memilih properti pada pusat kota yang berkembang.

2. Cari Pengembang

Cara Mencari Pengembang dalam Properti
Cara Mencari Pengembang dalam Properti

Cara investasi property pemula berikutnya yaitu cari pengembang. Ini menjadi langkah awal saat anda sudah memutuskan terjun ke bidang investasi properti. Dalam hal ini, penting untuk mencari developer atau pengembang yang baik agar membantu anda mencapai kesuksesan. Untuk mengetahui apakah pengembang tersebut baik atau tidak, anda bisa melihat dari track recordnya.

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat mencari pihak developer yaitu berpengalaman dalam menangani berbagai proyek, mempunyai margin error yang rendah, dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Jika anda memiliki modal cukup, akan lebih baik untuk memilih developer berpengalaman dengan berbagai proyek daripada pengembang baru.

3. Cari Lokasi Properti

Mencari lokasi adalah poin penting yang wajib untuk diperhatikan dalam bisnis properti. Pasalnya pemasaran dari properti terkait akan sangat bergantung pula dengan lokasi dari bangunan itu sendiri. Meski anda bisa mempercayakan pemilihan lokasi kepada pihak developer yang berpengalaman, namun penting bagi investor untuk turut serta pada praktiknya.

Misalkan anda memilih untuk melakukan investasi pada properti hunian, maka sebaiknya pilih rumah tinggal yang dihuni oleh para end user. Pasalnya, para pembeli end user umumnya akan tinggal dalam waktu yang lama dan besar kemungkinan untuk mengajak keluarga atau teman untuk membeli rumah pada lokasi sama.

Dengan begitu, secara tidak langsung anda sudah menerapkan cara investasi property pemula dalam bentuk promosi bisnis. Bahkan promosi bisnis yang dilakukan tidak membutuhkan biaya alias gratis, karena memanfaatkan teknik promosi dari mulut ke mulut. Terlebih jenis promosi ini terbilang sangat efektif, dan berpotensi mendatangkan konsumen lain.

Untuk lokasinya sendiri, rumah tinggal untuk para end user ini sebaiknya bertempat pada lingkungan yang strategis dan tidak jauh dari pusat kota. Dimana infrastruktur publik di sekeliling sudah memadai, akses transportasi dapat dijangkau dengan mudah, tidak jauh dari pusat pendidikan seperti sekolah atau lainnya, hingga pusat bisnis seperti pasar atau pusat perbelanjaan lain.

4. Tentukan Fasilitasnya

Tidak hanya lokasi dari properti saja yang patut untuk diperhatikan. Anda juga perlu menentukan fasilitas di dalam rumah tinggal yang hendak dipasarkan ke masyarakat. Sebab setiap orang tentunya mengharapkan hunian yang berlokasi strategis dengan ditunjang fasilitas memadai, misalnya pusat olahraga, pusat perbelanjaan, akses transportasi, atau lainnya.

Cara Menentukan Fasililtas Properti
Cara Menentukan Fasililtas Properti

Anda bahkan dapat mematok harga yang sedikit mahal untuk berbagai fasilitas memadai yang ditawarkan. Dan para konsumen pun tidak masalah dengan hal tersebut, karena memang berbagai kemudahan ini yang tengah mereka cari. Dengan fasilitas lengkap yang dihadirkan, anda pun berpeluang membuka lahan bisnis lain.

Cara investasi property pemula ini bisa membuat daerah yang anda bangun mengalami kemajuan pesat. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk mulai mendirikan beberapa bangunan penunjang, misalnya seperti deretan ruko hingga mall yang lebih dekat dengan perumahan dan berbagai bisnis penunjang lainnya.

Baca Juga Apa Itu Dividen Saham?

Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk memulai bisnis properti. Dimana bisnis properti sendiri sebenarnya begitu banyak ragamnya. Anda bisa mencoba investasi properti sewa daripada menjualnya atau lainnya. Dalam hal ini, modal yang dibutuhkan mungkin tidak sedikit. Namun jika modal memang terbatas, anda bisa memulainya dengan satu atau dua buah unit saja.

Post Terkait :

One thought on “Cara Investasi Property Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *