Cara Jual Beli Saham

  • 3 min read
  • Nov 07, 2021
Cara Jual Beli Saham

Jika anda ingin mencoba menggeluti dunia saham, penting untuk belajar saham terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari saham tersebut. Oleh karena itu, anda perlu tahu bagaimana tips dan cara jual beli saham. Berikut ini akan diulas bagaimana strategi selengkapnya.

Beberapa Langkah Penting yang Harus Anda Perhatikan

1. Pilihlah Broker Saham yang Tepat

Cara Memilih Broker Saham yang Tepat
Cara Memilih Broker Saham yang Tepat

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika ingin bermain saham adalah memilih dan menentukan broker saham. Broker saham atau anggota bursa ini bisa anda temukan di Bursa Efek Indonesia. Jika anda ingin bermain saham secara online, maka pilihlah yang memiliki aplikasi saham online terbaik dan bagus serta yang bisa diandalkan.

2. Mulai Membuka Rekening Saham

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan di dalam bermain saham adalah dengan mulai membuka rekening saham. Pembukaan rekening ini menjadi salah satu langkah yang wajib. Sebab, dengan adanya rekening ini, anda akan bisa melakukan transaksi jual beli saham dengan lebih mudah dan cepat.

Untuk broker online biasanya mereka akan memberikan fasilitas yakni berupa pembukaan rekening secara online. Pada cara jual beli saham ini, anda hanya cukup mengisi formulir pendaftaran untuk membuka rekening secara online. Setelah itu, anda bisa mengirim dokumen tersebut setelah selesai ditandatangani.

3. Membuka Rekening Dana Nasabah

Tidak hanya membuka rekening saham, anda juga perlu untuk membuka rekening dana nasabah. Fungsi rekening ini adalah untuk menyimpan semua dana transaksi yang anda lakukan pada jual beli saham. Untuk itu, jumlah setoran modal awal pada transaksi saham dan juga penjualan saham, nantinya akan disimpan pada rekening dana nasabah.

4. Melakukan Penyetoran Modal

Ketika anda telah membuka rekening untuk saham dan juga rekening dana nasabah, saatnya untuk mulai melakukan penyetoran modal. Disini, anda bisa menyetorkan sejumlah dana ke rekening dana nasabah sebagai syarat untuk melakukan transaksi saham. Sedangkan untuk jumlah setorannya sendiri akan tergantung dari transaksi yang nantinya akan anda lakukan.

Dalam cara jual beli saham ini, bagi anda yang ingin melakukan transaksi pertama kali biasanya anda akan diharuskan untuk melakukan deposit terlebih dahulu. Kemudian, barulah setelah deposit, anda bisa melakukan transaksi saham. Setelah itu, dua hari kemudian, anda bisa melakukan settlement atau pembayaran kewajiban.

5. Cara Membeli Saham

Cara membeli saham secara online ini bisa dilakukan dengan menentukan saham yang ingin anda beli. Ingatlah kode saham perusahaan tersebut agar lebih memudahkan. Setelah itu, ketika anda telah melakukan order, tentukan pada harga berapa anda akan membeli saham. Nantinya akan terlihat kolom bid ( penawaran) dan juga offer ( harga penjualan).

Cara Membeli Saham
Cara Membeli Saham

Tips agar anda melakukan pembelian yang efektif adalah dengan memasang bid dan offer yang terendah. Namun, apabila anda ingin harga beli yang lebih murah, maka anda bisa memasangnya di harga terendah dan menunggu penjual yang menurunkan harganya. Untuk pemasangan order beli ini, anda juga harus mengikuti waktu dan harganya.

6. Cara Menjual Saham

Setelah mengetahui bagaimana cara membeli saham, anda juga perlu tahu bagaimana melakukan transaksi jual saham secara online ini. pertama, anda bisa memilih saham yang anda miliki. Selanjutnya tentukan harga jual dan juga lembar saham yang akan anda jual. Lalu, anda pun bisa melakukan penentuan harga.

Baca Juga Analisa Fundamental Saham

Dalam cara jual beli saham ini, penentuan harga juga akan menentukan seberapa cepat transaksi tersebut bisa dilakukan. apabila anda ingin menjual saham, anda bisa memasang harga yang paling tinggi di pasar. Namun, apabila anda ingin hasil dari penjualan tersebut lebih besar, maka anda juga bisa memasang di harga jual dengan jumlah yang lebih tinggi. Namun anda juga perlu paham konsekuensinya.

Ketika anda melakukan transaksi jual beli saham ini juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan nantinya akan menimbulkan resiko. Sebelum anda membeli saham, sebaiknya anda juga perlu untuk melihat kinerja perusahaan tersebut. Apakah selama kurun waktu lima tahun terakhir terjadi peningkatan atau tidak. Sehingga ketika telah melakukan transaksi anda pun tidak merugi nantinya.

Post Terkait :

One thought on “Cara Jual Beli Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *