Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil

  • Whatsapp
Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil
Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil

Rumah adalah bangunan impian semua orang. Namun, banyak orang yang berpikir ulang untuk memberi rumah sendiri lantaran memiliki biaya yang tinggi ketika melakukan pembelian, terlebih lagi apabila gaji anda masih pas pasan. Akan tetapi, anda tak perlu khawatir terdapat beberapa cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil.

Tips Menabung Untuk Membeli Rumah

1. Dengan Mempertimbangkan Membeli Rumah Subsidi

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membeli rumah meskipun gaji pas pasan adalah dengan mempertimbangkan rumah bersubsidi. Terlebih lagi ketika anda ingin membeli rumah dengan harga yang terjangkau. Namun, anda pun tidak boleh sembarangan di dalam memilih rumah.

Bacaan Lainnya
Cara Menabung Untuk Beli Rumah
Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Pastikan kualitas dari rumah tersebut masih bagus dan lokasinya tidak di pelosok yang sulit akan fasilitas umum. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan membeli rumah subsidi. Rumah satu ini merupakan salah satu proyek milik pemerintah yang memang dialokasikan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah.

Umumnya, rumah subsidi ini akan dijual dengan harga yakni sekitar 120 jutaan saja di daerah Bekasi dan sekitar 140 juta di daerah Jakarta. Meskipun memiliki harga yang murah, lokasi dari rumah tersebut masih cukup strategis. Lantaran dekat dengan pusat perbelanjaan, jalan utama dan juga sekolah.

2. Jangan Memiliki Hutang Lain

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil selanjutnya adalah dengan tidak memiliki hutang yang lain. Hal ini dikarenakan ketika ingin membeli rumah, pastinya anda akan membayar DP terlebih dahulu. Kemudian, jika ingin cicilan rumah dapat selesai dalam waktu yang cepat, tentunya tunggakan yang dibayarkan juga dalam jumlah yang lebih besar.

Untuk itu, sebaiknya anda tidak memiliki hutang atau tagihan yang lain. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak memberatkan anda di dalam pembayaran cicilan rumah. Selain itu, sebelum anda mengajukan KPR, biasanya pihak bank akan melihat apakah anda masih memiliki hutang yang belum lunas dan sebagainya.

3. Terapkan Sistem Autodebet

Ketika anda masih belum memiliki DP namun ingin membeli rumah, saatnya anda menerapkan sistem autodebet. Sebab, ketika anda menerima gaji di awal bulan, maka sebagian dari gaji anda akan berpindah ke rekening lain yang khusus tabungan untuk membayar DP rumah.

Tentu saja ini dapat menjadi salah satu cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil yang cukup efektif. Sehingga, anda perlu menyisihkan uang setelah menerima gaji. Selain itu, anda juga tidak boleh menggunakan tabungan yang khusus untuk membayar DP rumah tersebut agar lebih cepat terkumpul.

4. Mengikuti Sistem KPR

Jika anda masih memiliki penghasilan rendah namun ingin mencicil rumah, maka salah satu solusi yang disarankan adalah dengan mengikuti program KPR. KPR atau yang disebut dengan Kredit Pemilikan Rumah merupakan salah satu fasilitas kredit yang memang diberikan oleh bank kepada nasabahnya untuk membeli maupun melakukan renovasi pada rumah.

Tips Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil
Tips Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil

Untuk sistem dari KPR sendiri ini memiliki dua jenis, KPR non subsidi dan KPR subsidi. Biasanya KPR non subsidi ini untuk masyarakat umum. Sedangkan persyaratannya ditentukan oleh bank. Sedangkan untuk KPR subsidi adalah sistem membeli rumah yang diatur oleh pemerintah dan beberapa orang saja yang berhak mendapatkannya.

5. Mengubah Gaya Hidup yang Boros

Salah satu cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil yang paling utama adalah dengan mengubah kebiasaan yang boros. Ketika anda memang memiliki niat untuk membeli rumah, maka anda pun perlu untuk menjalani hidup hemat. Usahakan menyisihkan pendapatan sebesar 30 persen untuk membayar cicilan rumah atau menabung untuk DP anda.

Baca Juga Cara Menabung yang Benar

Hal ini dikarenakan sebagian orang akan berperilaku boros dan konsumtif saat awal bulan. Oleh sebab itu, anda pun harus mulai mengurangi kebiasaan tersebut dan mulai menabung dengan konsisten dan disiplin. Apabila anda melakukannya dengan ulet, pastinya anda pun akan memiliki kesempatan yang cepat untuk mempunyai rumah idaman.

Memiliki hunian untuk keluarga tentunya akan lebih menyenangkan dibandingkan harus ngontrak atau ngekos. Oleh karena itu, meskipun anda memiliki penghasilan yang rendah, saat ini anda harus mulai menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan DP rumah di masa mendatang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar