Cara Menabung Yang Benar

  • 3 min read
  • Mei 09, 2021
Cara Menabung Yang Benar

Menabung menjadi kebiasaan yang diterapkan sejak kecil, namun saat sudah berpenghasilan mengapa terasa susah untuk menabung? Padahal menabung menjadi salah satu pengelolaan uang yang sangat penting untuk masa depan. Selain itu juga untuk menjaga agar keuangan stabil, berikut cara menabung yang benar menurut para pakar yang bisa diterapkan.

Langkah Mudah Menabung Dengan Benar

1.Menetapkan Tujuan Menabung

Menetapkan tujuan dalam menabung akan sangat membantu anda agar lebih semangat untuk menabung. Anda bisa menabung untuk hal hal yang disukai lebih dulu, misalnya menabung untuk ibadah haji, membeli barang tertentu ataupun untuk traveling. Dengan tujuan ini, nantinya akan terbentuk kebiasaan suka menabung dalam jangka waktu tertentu.

Menetapkan Tujuan Menabung
Menetapkan Tujuan Menabung

Jika anda memiliki tujuan, maka anda juga bisa menentukan strategi menabung yang lebih jelas dan terarah. Tujuan menabung setiap orang tentu berbeda dan bisa dibedakan menabung jangka panjang atau pendek. Tujuan menabung ini juga akan memudahkan menentukan jenis tabungan yang akan diambil. Mau tetap disimpan di rumah atau di rekening tertentu.

2.Membuat Rekening Pisah

Menurut Ligwina Hananto yang merupakan pakar perencana keuangan, disarankan untuk membuat rekening terpisah untuk menabung dan untuk kebutuhan harian. Cara menabung yang benar ini merupakan langkah yang efektif agar tetap bisa menabung. Dengan begitu anda tidak tergoda untuk membelanjakan uang tabungan yang sudah disisihkan.

Bahkan beberapa orang benar benar membuka rekening yang hanya bisa menabung saja. Dengan membuat rekening khusus tabungan, maka anda bisa mendapatkan banyak kemudahan. Karena biasanya ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dalam rekening tabungan.Tapi pastikan untuk rajin mengisinya bukan hanya memiliki banyak rekening tetapi tidak ada isinya.

3.Mengatur Automatic Debit Ke Rekening Tabungan

Cara paling efektif menabung selanjutnya menurut Farnoosh Torabi, penulis dan ahli keuangan menyatakan jika  menabung dengan cara transfer otomatis sangat membantu,. Torabi merekomendasikan, setidaknya 10% dari total gaji anda harus ditransfer ke rekening tabungan setiap bulannya. Tidak akan terlupa jika menggunakan fitur auto debit.

Selain menghindari lupa, langsung mentransfer juga akan menghindari pengeluaran yang tidak terlalu penting. Seperti yang banyak dialami oleh kebanyakan orang, ketika tanggal gajian sudah di depan mata ada banyak rencana pengeluaran. Sehingga uang yang seharusnya ditabung justru dibelanjakan. Dengan cara menabung yang benar ini, anda akan disiplin dalam menabung.

4.Memulai Dari Jumlah Yang Kecil

Selain konsisten untuk mentransfer sejumlah uang, menurut Clark Howard yang merupakan pakar konsumen menabung ada baiknya dimulai dari jumlah yang kecil lebih dahulu. Kendati jumlahnya kecil, jika dilakukan secara rutin juga akan tetap banyak jumlahnya. Mengingat tidak banyak orang yang juga bisa menabung dalam jumlah yang langsung besar.

Langkah Mudah Menabung Dengan Benar
Langkah Mudah Menabung Dengan Benar

Bagi anda yang belum terbiasa, anda bisa menabung dengan beberapa alokasi. Jika masih belum bisa 20% dari penghasilan, anda bisa menabung 2%. Tapi pastikan untuk tetap bisa meningkatkan jumlah yang harus ditabung. Sampai akhirnya anda bisa menabung  20% dari gaji anda. Howard menyatakan jika first jobber bisa hidup dengan setengah gaji.

5.Mengumpulkan Uang Kembalian

Selanjutnya, anda bisa mencoba cara dari Ric Edelman yang merupakan Ketua juga CEO Edelman Financial Services. Ric memberikan trik khusus agar bisa menabung lebih efektif yakni dengan mengumpulkan uang kembalian. Mengumpulkan uang kembalian terutama yang receh akan sangat membantu keuangan. Karena bisa digunakan untuk membeli barang yang nilainya lebih besar.

Baca Juga Aplikasi Saham Online Terpercaya

Apalagi saat belanja di supermarket, ada banyak harga yang tidak genap sehingga membutuhkan uang receh. Kembalian yang dikumpulkan bisa digunakan untuk membeli kopi ataupun makan siang dalam jangka waktu tertentu. uang receh juga bisa membantu anda mengurangi penggunaan debit atau kredit. Cara menabung yang benar ini mudah dilakukan.

6.Meningkatkan Pendapatan

Agar anda bisa memiliki tabungan yang lebih besar, maka anda perlu terus meningkatkan pendapatan anda. Mengingat kebutuhan setiap tahunnya akan mengalami kenaikan. Sehingga pendapatan anda juga harus meningkat, anda bisa mencari pekerjaan sampingan untuk mengatasinya. Pastikan jika pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama.

Itulah beberapa tips menabung yang bisa anda coba agar tetap bisa menabung. Baik untuk pendapatan besar atau kecil, menabung sangat penting dilakukan. Agar menabung berhasil, ada baiknya untuk tidak membelanjakan sebelum jangka waktunya. Selain itu, pastikan untuk berkomitmen agar tidak lupa menabung.

Post Terkait :

3 thoughts on “Cara Menabung Yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *