Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat

  • Whatsapp
Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat
Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat

Tabungan memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai dana darurat jika sewaktu waktu terjadi kejadian yang tidak anda inginkan. Namun, banyak orang yang masih merasa kesulitan di dalam menabung. Agar kegiatan ini tidak terasa membebani, kali ini akan diulas beberapa cara menabung yang unik dan bikin semangat.

Cara Unik Untuk Membuat Anda Bisa Menabung

  1. Gunakan Wadah Transparan

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk konsisten menabung adalah dengan menggunakan wadah yang transparan. Hal ini dikarenakan dengan mengetahui jumlah nominal uang yang ditabung ternyata mampu untuk menambah semangat ketika menjalaninya.

Bacaan Lainnya
Tips menabung dengan toples
Tips menabung dengan toples

Disini, anda hanya perlu untuk menggunakan toples atau wadah kaca yang bening dan tembus pandang. Kemudian, anda pun bisa mulai mengisinya dengan uang kertas maupun uang koin sesuai dengan yang anda inginkan. Dengan menggunakan wadah ini, akan membuat anda menjadi tersugesti untuk melihat uang tabungan dan mengisinya setiap harinya.

  1. Kumpulkan Koin

Tips menabung kumpulkan koin
Tips menabung kumpulkan koin

Koin terkadang menjadi salah satu hal yang diremehkan bagi sebagian orang. Namun, justru uang koin ini dapat menjadi salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat. Disini, anda bisa menyimpan uang kembalian receh yang anda terima setelah berbelanja atau membeli sesuatu.

Kemudian, anda bisa menyimpannya di dompet atau celengan khusus uang koin. Sehingga, apabila kamu mendapatkan uang kembalian dalam bentuk koin, bisa langsung menyimpannya. Lakukan cara satu ini secara konsisten, nantinya anda pun akan bisa mendapatkan jumlah yang banyak apabila anda melakukannya secara rutin.

  1. Menabung Dengan Nominal 10 ribu

Cara unik lainnya yang bisa anda lakukan untuk semangat dalam menabung adalah dengan hanya mengumpulkan uang nominal 10 ribu saja. apabila anda memiliki uang 10 ribu kertas atau mendapatkannya dari belanjaan, maka anda pun bisa menyimpannya di celengan khusus secara bertahap.

Meskipun jumlah nominalnya masih terbilang lumayan kecil, namun apabila anda konsisten di dalam melakukannya, tak menutup kemungkinan hasil tabungan yang anda dapatkan akan melimpah. Selain itu, anda juga tak harus menabung dengan nominal 10 ribu, anda bisa menggantinya dengan nominal 5 ribu atau 20 ribu sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Buatlah Target

Salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat adalah ketika anda memiliki target tertentu. Sebut saja ketika anda ingin membeli barang dengan nominal yang lumayan mahal atau ingin berwisata ke luar negeri. Ketika anda memiliki motivasi yang kuat, maka menabung pun akan menjadi lebih bersemangat.

  1. Menabung Sesuai Dengan Tanggal

Cara unik lain yang bisa anda lakukan untuk menjadi bersemangat dalam menabung adalah disesuaikan dengan angka yang ada di dalam tanggang. Contohnya, apabila kalender menunjukkan tanggal 1, maka anda pun bisa menabung 1.000 rupiah, tanggal 10. 10 ribu rupiah dan juga lain sebagainya hingga tanggal 31 tiba.

Cara satu ini bisa terbilang lumayan mudah. Hal tersebut dikarenakan nominal yang harus anda keluarkan tidak besar. Namun, apabila anda ingin menambahkan angka 0 di belakang nominal setiap tanggalnya, maka hal ini tentunya akan membuat tabungan anda menjadi cepat bertambah banyak.

  1. Menabung Ala Korea

Menabung ala ala Korea ini juga dapat menjadi cara menabung yang unik dan bikin semangat. Disini, anda bisa membuat kalender yang mana di setiap kalendernya memiliki kantong yang bisa anda gunakan untuk menyimpan uang. Nantinya uang yang terkumpul selama sebulan tersebut bisa anda masukkan ke dalam tabungan lain dan anda bisa mengulangi dari awal di bulan yang baru.

Baca Juga Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Contohnya saja, anda memiliki target harian yakni hanya mengeluarkan uang 50 ribu dalam sehari. Ketika malam tiba, sisa uang 50 ribu yang anda miliki tersebut bisa dimasukkan ke kantong yang ada di dalam saku kalender. Cara unik satu ini akan membuat anda lebih tertarik untuk menabung karena terlihat menyenangkan.

Beberapa cara tersebut bisa anda terapkan sehingga nantinya anda akan bisa memiliki keinginan untuk menabung. Dengan menabung, tentunya akan menjadi salah satu cara untuk memiliki simpanan. Sehingga, ketika anda ingin membeli sesuatu atau kebutuhan yang mendesak, maka anda pun telah memiliki pegangan uang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar