Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

  • Whatsapp
Cara Mengatur Keuangan Anak Kos
Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Ketika menjadi anak kos, tentunya kamu akan susah susah gampang di dalam mengatur keuangan. Tak heran, mahasiswa memang kerap kali memiliki kebiasaan konsumtif. Namun bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya dengan baik karena terdapat beberapa cara mengatur keuangan anak kos yang sebaiknya kamu ketahui.

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kosan

1. Menabung Secara Teratur

Di dalam mengatur keuangan ala anak kos, menabung adalah hal paling utama yang harus anda lakukan. Hal ini dikarenakan sebagai anak kos, penting bagi kamu untuk menyisihkan sebagian uang bulanan yang kamu miliki. Untuk itu, anda pun bisa mengalokasikannya sebagai simpanan sehingga ketika sewaktu waktu ada hal yang mendesak, kamu pun bisa memiliki tabungan.

Bacaan Lainnya
Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kosan
Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kosan

Untuk jumlah dari tabungan ini sendiri, kamu bisa menentukan beberapa persen dari uang saku atau gaji yang kamu terima. Jangan pernah menabung di akhir bulan, karena hal ini akan membuat kamu menyisihkan uang dalam jumlah yang sedikit. Ada baiknya, kamu bisa menyisihkan sebagian uang kamu ketika pertama kali menerimanya agar uang tersebut memang tidak terpakai untuk jajan.

2. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika menjadi anak kosan, mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan dapat menjadi salah satu cara mengatur keuangan anak kos. Cara ini dapat membuat kamu menjadi tahu berapa jumlah uang yang masuk dan keluar. Sehingga kamu pun perlu rajin untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dari uang kamu.

Kamu bisa menghitung semua kebutuhan yang kamu keluarkan. Jangan sampai pengeluaran yang kamu miliki melebihi dari jumlah pemasukan. Dengan cara ini akan lebih memudahkan di dalam mengetahui jumlah uang yang sebaiknya kamu keluarkan dan simpan. Kamu pun tidak akan boros ketika memiliki catatan pengeluaran bulanan ini.

3. Bayar Tunggakan Tepat Waktu

Jika kamu memiliki tunggakan uang kos atau paylater dan lainnya, sebaiknya kamu segera melunasinya setelah menerima gaji atau uang saku. Hal ini membuat kamu menjadi pribadi yang tanggung jawab dan tepat waktu. Selain itu, cara ini juga mampu meminimalisir masalah yang mungkin terjadi.

Tips Cara Mengatur Keuangan Ala Anak Kos
Tips Cara Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu jangan sampai menunda nunda biaya pembayaran atau tunggakan yang kamu miliki. Hal ini akan membuat kamu memiliki perilaku yang lebih teratur dan nantinya kamu pun tidak akan kepikiran karena tagihan telah dibayarkan di awal setelah mendapatkan gaji atau uang saku.

4. Belanja Bulanan Dalam Satu Waktu

Cara mengatur keuangan anak kos selanjutnya juga bisa kamu lakukan dengan belanja bulanan sekaligus. Dengan berbelanja sekaligus untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan ke depan akan membuat anda lebih bisa me manage uang lebih baik. Pasalnya ketika kamu berbelanja sedikit sedikit hal tersebut akan memungkinkan untuk melakukan impulse buying.

Dengan melakukan cara ini akan memudahkan kamu di dalam melakukan pengelolaan pengeluaran bulanan yang kamu miliki. Sebelum belanja, kamu juga bisa untuk mencatat bahan bahan atau keperluan yang dibutuhkan. Hal ini berguna untuk menghindari membeli hal yang tidak diperlukan yang akan membuat kamu boros dan menyesal di kemudian hari.

5. Mencuci Pakaian Sendiri

Meskipun terlihat sepele, ternyata mencuci pakaian sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah meminimalisir pengeluaran untuk laundry. Ketika kamu mencuci baju sendiri, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar laundry. Walaupun harga laundry mungkin sekitar 5 ribu – ribu per kilonya, namun jika dikalikan berkilo kilo tentu juga akan banyak.

Baca Juga Cara Menabung Yang Benar

Dengan mencuci baju sendiri dapat menjadi salah satu cara mengatur keuangan anak kos agar tidak terjadi pembengkakan. Sedangkan uang untuk mencuci di laundry tersebut dapat menjadi biaya tambahan untuk membeli makan atau kebutuhan yang lain. Tips ini dapat menjadi salah satu cara untuk menekan pengeluaran kamu setiap bulannya dan tentunya kamu pun akan lebih hemat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan di kosan. Dengan keuangan yang stabil, tentunya akan membuat kamu tidak kewalahan atau tidak sampai meminjam dana ke orang lain. Oleh karena itu penting hukumnya untuk memilah milah kebutuhan kamu sesuai dengan yang dibutuhkan agar tidak membeli barang barang yang tidak perlu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *