Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Mingguan

  • 3 min read
  • Mei 08, 2021
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Mingguan

Mengatur keuangan rumah tangga mungkin terdengar sepele, namun para praktiknya ini menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang perlu dipahami agar kesejahteraan tetap terjamin setiap harinya. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

 

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

1. Tetapkan Budget

Menetapkan budget menjadi salah satu cara efektif dalam mengatur keuangan. Pasalnya dengan adanya budget ini, maka anda memiliki panduan saat menggunakan uang dan mengatur pengeluaran yang ada. Berhubung gaji yang didapat merupakan mingguan, mengatur budget mingguan sejatinya akan jauh lebih mudah dibandingkan budget bulanan.

Misalnya gaji anda per minggu sebesar Rp. 500.000. Sisihkan Rp. 100.000 untuk tabungan, biaya makan per minggu Rp. 250.000, kebutuhan sehari hari seperti sabun muka dan pasta gigi Rp. 50.000, bensin Rp. 25.000, biaya pulsa internet Rp. 25.000, uang darurat Rp. 50.000, dan  uang untuk kebutuhan lain Rp. 50.000.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jika sudah di-break down secara terperinci begitu tentu akan jauh lebih mudah dalam mengatur keuangan anda. Namun pastikan bahwa daftar anggaran ini tidak hanya anda buat semata kemudian ditinggal begitu saja. Melainkan anda perlu mematuhi dan menerapkannya agar keuangan bisa berjalan dengan baik.

2. Pastikan Membayar dengan Harga Terbaik

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan berikutnya yaitu pastikan anda membayar dengan harga terbaik untuk suatu produk atau layanan tertentu. Harga terbaik ini memang tidak selalu harga termurah. Namun bagaimana anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari produk atau layanan terkait dengan biaya yang terjangkau.

Maka dari itu, selalu lihat spesifikasi produk yang hendak dibeli atau layanan apa saja yang akan anda dapat dari suatu jasa. Pastikan anda mempertimbangkan kupon, diskon, voucher, serta alternatif lainnya yang membuat harga menjadi lebih murah. Sehingga dana yang dikeluarkan tidak akan melebihi budget.

3. Lacak Pengeluaran yang Dilakukan

Setiap melakukan pengeluaran dana, ada baiknya anda menyimpan tanda terima atau menuliskannya pada jurnal pengeluaran. Kategorikan setiap pengeluaran yang ada, sehingga anda bisa mengidentifikasi pada tempat mana saja anda mengalami kesulitan dalam menjaga pengeluaran. Sebab tanpa disadari, pembelian kecil di beberapa tempat bisa berkembang dengan cepat.

4. Coba Tidak Keluar Rumah Sesekali

Beberapa waktu belakangan, gerakan work from home banyak digencarkan. Namun beberapa orang nyatanya malah lebih memilih untuk pergi ke cafe sebagai tempat bekerja. Lebih baik jika anda tidak keluar rumah sesekali sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan. Karena berdiam diri di rumah bisa membuat anda lebih hemat.

Tips Keuangan Rumah Tangga
Tips Keuangan Rumah Tangga

Pasalnya semua kebutuhan anda sudah ada di dalam rumah. Keinginan untuk belanja juga bisa ditekan apabila tetap berada di rumah. Jadi manfaatkan momen work from home untuk menekan pengeluaran anda. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin atau untuk membayar transportasi umum.

5. Berpikir Sebelum Menghabiskan Uang

Banyak orang yang tidak berpikir dua kali saat harus membeli suatu barang, apalagi setelah mendapatkan uang gajian. Namun ini termasuk perangai yang harus segera diubah, anda tidak boleh hanya berasumsi terhadap kemampuan anda membeli sesuatu. Sebab banyak pertimbangan lainnya yang perlu diperhatikan.

Baca Juga Pinjaman Syariah Online Langsung Cair

Mungkin uang di hari itu memang bisa digunakan untuk melakukan pembelian. Kendati demikian, anda juga perlu mempertimbangan mengenai tagihan serta pengeluaran lain yang harus anda bayarkan sebelum hari gajian selanjutnya tiba. Jadi pastikan anda memiliki dana lebih dan selalu berpikir dua kali sebelum menghabiskan uang terhadap suatu barang.

6. Tetapkan Minimal Berapa Kali Beli di Warung

Sebagian masyarakat lebih banyak boros karena urusan makanan. Dan ini bahkan dilakukan tanpa disadari. Memang makan di luar sebenarnya bukan suatu masalah. Namun ini tetap bisa menjadi masalah apabila anda pergi terlampau sering ke berbagai tempat makan yang mahal. Jadi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan juga bisa dilakukan dengan cara menahan keinginan ini.

Meski membuat anggaran untuk gaji mingguan jauh lebih mudah dibandingkan budget pengeluaran bulanan, namun mengatur keuangan mingguan nyatanya tidak lebih gampang. Sebab anda mungkin merasa bahwa gaji berikutnya akan datang dengan cepat, sehingga menjadi boros. Oleh karena itu, beberapa cara di atas bisa diterapkan untuk mengatur keuangan anda.

Post Terkait :

One thought on “Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Mingguan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *