Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

  • 3 min read
  • Okt 23, 2021
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Mengatur keuangan memang bukanlah perkara yang mudah. Ketika tanggal gajian tiba, dompet akan mengembung, bagaikan angin yang memberikan kesejukan tapi juga bisa hilang sekejap. Untuk anda yang memiliki gaji bulanan dengan kebutuhan yang berubah memang menjadi tantangan. Berikut Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Kecil

  1. Rencanakan Belanja Bulanan Dengan Matang

Sebenarnya berapapun gaji yang diterima, cukup atau tidaknya tergantung bagaimana mengaturnya. Dan yang paling banyak terjadi, pemborosan terjadi karena mengikuti keinginan bukan kebutuhan. Untuk anda yang sudah berumah tangga dituntut untuk bijak dalam membelanjakan keuangan. Terutama untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

Cara paling bijak yang bisa anda lakukan adalah merencanakan belanja sesuai keuangan. Anda harus mencatat semua kebutuhan yang anda butuhkan. Untuk memudahkan, ada baiknya jika membedakannya menjadi kebutuhan primer dan tersier. Sehingga anda bisa memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu barulah memilih dan memilah kebutuhan lainnya.

  1. Evaluasi Biaya Biaya Harian dan Bulanan

Evaluasi Biaya Biaya Harian dan Bulanan
Evaluasi Biaya Biaya Harian dan Bulanan

Selain merencanakan, anda juga harus kembali mengevaluasi pengeluaran harian atau bulanan anda. Dengan begitu anda bisa menemukan pengeluaran mana yang bisa ditekan atau bahkan dieliminasi. Misalnya selama ini anda langganan internet ataupun tv kabel, anda bisa menggantinya dengan provider yang lebih murah.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim juga bisa dilakukan dengan memperhatikan perihal cicilan tiap bulan. Sebagian orang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan karena gajinya sudah terpotong untuk cicilan. Sehingga jika memang belum mampu untuk mengambil cicilan, anda bisa membeli kendaraan bekas atau kontrak rumah lebih dulu.

  1. Menghindari Kebiasaan Konsumtif

Manusia pasti akan memiliki berbagai kebutuhan, dari kebutuhan pokok hingga tersier. Untuk bisa mencukupi semua kebutuhan dengan gaji yang minim, maka anda sudah harus mulai menghindari kebiasaan yang konsumtif. Memang memanjakan diri sesekali sah sah saja, tetapi jangan sampai hal ini justru mengganggu kondisi finansial anda.

Daripada terus delivery makanan, alangkah baiknya anda untuk memasak sendiri di rumah. Makanan yang dijual di restoran tentu akan membuat budget yang dikeluarkan lebih banyak. Dan untuk barang barang, anda bisa membeli barang bekas yang kondisinya masih bagus. Sehingga anda bisa menekan pengeluaran untuk digunakan pada pengeluaran lainnya.

  1. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Bijak Menggunakan Kartu Kredit
Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Selanjutnya anda juga perlu menerapkan Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim, dengan lebih bijak menggunakan kartu kredit. Memang kartu kredit banyak diaggap semakin membuat pengeluaran tidak terkontrol. Tapi jika anda bijak, anda justru bisa lebih menghemat karena ada banyak promo yang biasanya diberlakukan pada kartu kredit.

  1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika gaji yang anda terima tidaklah besar, maka sudah saatnya anda memikirkan usaha sampingan atau pekerjaan sampingan. Dengan begitu anda bisa menambah pemasukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, pastikan jika pekerjaan sampingan anda, tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda.

Baca Juga Jenis Jenis Instrument Pada Pasar Uang

  1. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Mengurangi kebiasaan menggunakan kendaraan bermotor juga bisa dijadikan langkah untuk mengatur keuangan rumah tangga lebih hemat. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan umum agar lebih hemat. Tidak hanya hemat, anda juga bisa menerjang kemacetan sekaligus memberikan manfaat lain yakni tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Melunasi Tagihan Tepat Waktu

Setiap bulan selalu saja ada tagihan yang perlu untuk dilunasi, mulai dari telepon, internet, listrik hingga TV kabel. Alangkah baiknya jika anda selalu membayarnya tepat waktu sebagai Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim. Karena jika terlambat anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi karena harus membayar dendanya.

  1. Investasi

Jika anda ingin mencapai kebebasan finansial, maka anda harus memikirkan tentang investasi. Sekalipun gaji bulanan tak cukup tinggi, bukan berarti anda tidak bisa memulai investasi. Saat ini sudah ada banyak instrumen investasi yang memiliki biaya awal yang ringan.

Beberapa tips yang sudah disebutkan bisa anda terapkan agar keuangan lebih stabil. Akan lebih baik jika mulai menyisihkan budget untuk tabungan atau dana darurat. Dengan begitu anda tak akan terpikirkan terjerat pinjaman. Investasi juga sangat penting dilakukan demi mendapatkan masa depan yang lebih terjamin.

Post Terkait :

One thought on “Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *