Cara Mengecek Riwayat Kredit

  • 3 min read
  • Agu 08, 2021
Cara Mengecek Riwayat Kredit

Jika anda ingin mengajukan pinjaman di bank, tentunya anda harus mengetahui riwayat kredit yang anda miliki. Sebab, jika masih terdapat tanggungan maka hal tersebut akan tercatat secara langsung di Bank Indonesia. Lantas bagaimana cara mengecek riwayat kredit agar bisa mendapatkan pinjaman? Simak ulasannya berikut ini.

Tahapan Pengecekan History Kredit

1. Mengakses Situs Resmi Bank Indonesia

Di dalam mengecek history kredit yang anda miliki, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengakses website resmi dari Bank Indonesia secara online. Nantinya, anda akan dibawa menuju ke halaman utama dari website tersebut. Kemudian, anda bisa memperhatikan menu moneter yang ada di bagian pojok kiri atas.

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan klik menu moneter. Nantinya akan muncul daftar secara lengkap mengenai berbagai macam layanan yang diberikan oleh Bank Indonesia. Pada halaman ini, anda bisa melihat penjelasan dari BI rate, JIBOR atau Jakarta Interbank Offered Rate, kalkulator kurs dan juga IDI Historis.

Cara mengecek riwayat kredit yang anda miliki adalah dengan  klik IDI Historis. IDI historis sendiri merupakan salah satu output yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Debitur. Setelah anda klik pada menu tersebut, maka akan tersedia informasi secara menyeluruh mengenai penyediaan dana hingga pembiayaan, mulai dari kondisi yang lancar hingga bermasalah.

Pengecekan History Kredit
Pengecekan History Kredit

Selain itu, pada menu satu ini juga menampilkan semua history pembayaran yang anda lakukan dalam satu tahun terakhir. Selanjutnya, anda pun bisa klik menu Permintaan IDI historis. Kemudian, anda pun akan diarahkan menuju ke halaman yang berisi formulir elektronik.

2. Pengisian formulir

Setelah anda berhasil masuk ke halaman pengisian formulir, maka anda bisa mengisi formulir dan data diri secara lengkap dan jujur. Lalu, pada sistem BI akan secara otomatis melakukan pengecekan terkait riwayat kredit yang anda miliki. Layanan satu ini, bisa digunakan untuk perseorangan maupun individu.

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan secara pribadi, cara mengecek riwayat kredit tersebut adalah dengan klik pada menu formulir individu. Selanjutnya, anda bisa mengisi informasi terkait nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, nomor identitas, alamt hingga nama ibu kandung dan alasan mengapa anda ingin melakukan pengecekan IDI.

Disini, anda bisa mengisi dan menjelaskan formulir tersebut secara jujur. Sehingga nantinya anda pun bisa lebih lancar dalam melakukan pinjaman. Dengan pengisian yang jujur dan sesuai dengan rencana anda, hal ini akan membuat anda dimudahkan ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank.

3. Melakukan Pengiriman Form

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan ketika ingin mengecek histori kredit yang anda miliki adalah dengan mengirim form. Tahapan satu ini bisa anda lakukan setelah selesai melakukan pengisian formulir secara jujur dan sesuai dengan rencana akan peminjaman dana anda.

Cara Mengetahui Riwayat Kredit
Cara Mengetahui Riwayat Kredit

Selanjutnya, anda bisa mengirimkan dengan cara mengklik tombol yang berwarna merah pada bagian paling bawah layar. Nantinya Bank Indonesia akan melakukan konfirmasi melalui alamat email yang sebelumnya telah anda cantumkan ketika pengisian formulir data pribadi tersebut. Lalu, anda bisa menunggu balasan email tersebut untuk bisa melakukan tahapan selanjutnya

Sehingga ketika anda melakukan pengisian data diri, pastikan untuk memberikan email yang masih aktif dan benar. Hal ini dikarenakan akan memudahkan anda nantinya dan sebagai salah satu cara mengecek riwayat kredit yang anda miliki. Kemudian, ketika anda telah menerima balasan email dari Bank Indonesia, maka anda pun bisa mencetaknya.

Baca Juga Apa Itu Bursa Efek Indonesia

Barulah langkah selanjutnya, anda bisa datang secara langsung menuju ke Bank Indonesia. Dengan membawa KTP asli sebagai barang bukti. Nantinya pihak dari Bank Indonesia akan menyerahkan catatan kredit yang anda miliki. Sehingga anda pun bisa mengecek histori kredit yang anda miliki dengan mudah dan cepat melalui cara satu ini.

Oleh karena itu, jika dalam waktu dekat ini anda akan berencana untuk melakukan pinjaman, anda bisa mengecek histori kredit yang anda punya. Anda pun juga wajib untuk mengetahui apakah masih punya cicilan atau tunggakan yang belum anda lunasi. Hal ini akan memudahkan anda nantinya di dalam melakukan peminjaman uang ke bank.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *