Cara Menjadi Trader Saham

  • 3 min read
  • Agu 14, 2021
Cara Menjadi Trader Saham

Menjadi trader saham merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari masyarakat sebagai upaya untuk menambah pundi pundi keuangan. Dimana proses trading saham sendiri adalah kegiatan jual beli saham yang dilakukan dalam jangka waktu pendek. Apabila anda berminat, simak cara menjadi trader saham beserta tipsnya berikut ini!

Langkah Menjadi Trader Saham

1. Membuka Rekening

Jika ingin melakukan trading saham, caranya tidaklah sulit. Hanya dalam tiga langkah saja, anda bisa menjadi pemilik saham pada pasar modal. Langkah pertama yaitu dengan membuka rekening untuk melakukan transaksi. Rekening ini tentunya bukan rekening tabungan biasa seperti pada umumnya, melainkan rekening efek.

Untuk membuka rekening efek, anda perlu mendatangi perusahaan sekuritas untuk melakukan proses pembuatan. Dalam hal ini, perlu disiapkan terlebih dahulu beberapa syarat yang dibutuhkan untuk membuka rekening. Seperti fotokopi KTP, buku tabungan, NPWP, dan dua lembar materai Rp. 6.000.

2. Penyetoran Dana

Apabila sudah membuka rekening efek, maka cara menjadi trader saham berikutnya dilanjutkan dengan melakukan penyetoran dana ke dalam rekening tersebut. Nominal dana yang perlu untuk disetorkan di awal ini berbeda beda, tergantung dari ketentuan yang diberlakukan oleh masing masing perusahaan sekuritas.

3. Mulai Melakukan Investasi atau Trading

Dengan adanya penyetoran dana awal ke rekening efek, anda sebagai investor dapat melakukan jual beli saham di pasar modal. Dimana cara transaksi saham ini sejatinya bukan termasuk proses yang sulit, karena anda tidak perlu datang langsung ke BEI terdekat. Pasalnya saat ini tersedia pilihan praktis dengan mengandalkan akses internet.

Langkah Menjadi Trader Saham
Langkah Menjadi Trader Saham

Bahkan beberapa perusahaan sekuritas sudah menyediakan layanan trading saham online, yang bisa digunakan oleh para investor. Beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan transaksi ini di antaranya yaitu BCA Sekuritas dengan layanan BEST, Mandiri Sekuritas dengan layanan MOST, dan BNI Sekuritas dengan eSmart.

 

Tips Menjadi Trader Saham

Meski cara menjadi trader saham terbilang sangat mudah, namun praktiknya menghasilkan cuan tidak bisa semudah kelihatannya. Karena langkah trading yang tidak tepat juga bisa membawa anda pada kerugian. Terlebih kegiatan satu ini memiliki sifat high risk high return, dimana semakin besar peluang untungnya maka risiko di baliknya juga semakin tinggi.

Langkah Menjadi Trader Saham
Langkah Menjadi Trader Saham

Bila dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain, saham memang memiliki keuntungan yang paling besar sekaligus risiko paling tinggi. Sehingga pelaksanaannya pun harus dilakukan dengan cermat serta penuh perhitungan. Pertama, anda perlu menggali informasi yang kredibel dan masif untuk digunakan dalam analisis.

Pencarian informasi ini bisa dilakukan secara gratis, seperti memanfaatkan laporan keuangan, corporate action, laporan tahunan, hingga public expose setiap perusahaan. Selain itu, pemilihan perusahaan sekuritas juga penting di sini. Karena pada dasarnya, setiap perusahaan sekuritas akan membebani biaya transaksi pada masing masing investor.

Dimana nominal biaya transaksi yang perlu dibayarkan sangat bervariasi, sehingga ada baiknya untuk membandingkan antara perusahaan sekuritas satu dengan lainnya untuk mendapatkan biaya terbaik. Lalu kenali saham mana yang memiliki nilai likuiditas tinggi, yang mana biasanya saham saham ini dikenal dengan istilah blue chip.

Cara melihat saham blue chip sendiri tidak sulit, anda hanya perlu melihat daftar saham pada indeks IDX30 atau LQ45. Kedua indeks ini memiliki banyak daftar saham blue chip yang mempunyai nilai likuiditas tinggi dan dapat mendatangkan banyak keuntungan. Kendati demikian, apabila anda masih pemula maka sebaiknya dimulai dengan nominal rendah terlebih dahulu.

Cara menjadi trader saham layaknya memulai sebuah bisnis, tidak bisa secara instan. Jadi memang sebaiknya dimulai dengan nominal kecil. Apabila dimulai dengan nominal rendah, anda pun dapat meminimalisir kerugian di awal serta mengetahui apakah cocok menggeluti bidang ini atau tidak.

Baca Juga Cara Beli Saham Luar Negeri

Selain itu, sebaiknya hindari untuk menggunakan semua modal anda pada satu transaksi saja. Mulailah dengan belajar serta latihan dan perhatikan setiap pergerakan pasar sebelum memutuskan untuk melakukan sebuah transaksi. Karena jika tidak paham betul, maka menggunakan seluruh modal anda pada satu transaksi hanya akan berujung pada kerugian semata.

Meski melakukan trading saham diperlukan analisis yang matang, namun bukan berarti anda harus membuang buang waktu hanya untuk belajar. Sebab jika tidak mengambil langkah, maka keuntungan pun tidak akan kunjung datang. Jadi penting untuk memperhatikan setiap porsi yang ada, baik untuk analisis maupun transaksi, ketika menjadi seorang trader.

Post Terkait :

One thought on “Cara Menjadi Trader Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *