Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

  • 2 min read
  • Sep 13, 2021
Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Terdapat beragam jenis teks yang dapat diketahui, mulai dari teks deskripsi hingga teks eksposisi. Masing masing teks yang ada juga memiliki tujuan penulisan tersendiri di dalamnya. Seperti misalnya untuk menjelaskan suatu hal hingga berisi ajakan untuk melakukan hal hal tertentu di dalamnya. Untuk mengetahui secara lebih jelas berikut ini simak mengenai contoh dari teks eksposisi, struktur di dalamnya, dan juga aneka jenis teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Sebelum membahas mengenai contoh teks eksposisi, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari teks eksposisi itu sendiri. Teks eksposisi adalah teks yang memiliki bentuk singkat, jelas, memberi informasi dan memiliki gaya bahasa berupa ajakan. Ciri khas dari teks ini adalah berupa jawaban akan pertanyaan apa, kapan, siapa, mengapa, dimana, dan juga bagaimana di dalamnya. Contoh teks eksposisi ialah seperti berikut ini.

Contoh teks eksposisi ini memiliki judul Manfaat Lidah Buaya. Sejak dahulu sudah banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat lidah buaya. Tak hanya berfungsi untuk menyuburkan rambut, lidah buaya ini juga memiliki manfaat lainnya jika dilihat dari segi kesehatan. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat lain dari tanaman lidah buaya tersebut.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Para peneliti telah membuktikan bahwa tanaman lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka. Tak hanya itu, tanaman jenis ini juga dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh seseorang. Dari pembahasan ini, sudah diketahui sangat jelas bahwa lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut saja. Namun juga masih banyak manfaat lain yang dimilikinya dari segi kesehatan.

Struktur Teks Eksposisi

Dari contoh teks eksposisi yang telah dijelaskan, dapat diketahui bahwa terdapat empat struktur yang menyusunnya. Struktur yang pertama adalah judul yang berupa Manfaat Lidah Buaya. Kemudian struktur selanjutnya adalah berupa pernyataan umum atau dapat disebut dengan istilah tesis. Tesis pada contoh teks eksposisi tersebut berupa pernyataan mengenai manfaat dari lidah buaya yang telah diketahui oleh banyak orang.

Struktur ketiga yang menyusun teks eksposisi adalah argumentasi atau alasan. Banyaknya argumentasi yang terdapat pada teks eksposisi juga dapat disesuaikan dengan pernyataan umum atau tesis yang telah disebutkan. Pada contoh teks eksposisi yang ada struktur argumentasi terletak pada kalimat yang menyatakan bahwa tidak banyak yang tahu mengenai manfaat lain dari lidah buaya selain untuk menyuburkan rambut.

Penegasan ulang pendapat atau simpulan merupakan struktur yang keempat dan juga terakhir dari sebuah teks eksposisi. Pengulangan yang dilakukan di bagian akhir teks ini dapat disesuaikan berdasarkan argumen yang telah disebutkan sebelumnya. Pengulangan pendapat ini juga bersifat opsional, sehingga tidak semua teks eksposisi harus memiliki struktur tersebut.

Aneka Jenis Teks Ekposisi

Teks eksposisi sendiri memiliki beragam jenis di dalamnya. Contohnya adalah teks eksposisi definisi, proses, ilustrasi, laporan, perbandingan, dan juga pertentangan. Setiap jenis teks eksposisi tersebut juga memiliki ciri tersendiri yang terlihat saat seseorang membacanya. Misalnya adalah teks eksposisi perbandingan yang akan menyajikan gagasan utama dengan cara membandingkan gagasan tersebut dengan gagasan yang lainnya.

Baca Juga Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Teks eksposisi merupakan salah satu bentuk teks yang memiliki tujuan tertentu bagi orang yang membacanya. Seperti misalnya untuk menjelaskan informsi penting yang harus diketahui orang lain serta berisikan ajakan di dalamnya. Struktur yang menyusun teks eksposisi sendiri juga beragam, mulai dari judul, pernyataan umum atau tesis, argumentasi atau ulasan, dan juga simpulan atau penegasan ulang pendapat yang ada pada bagian akhir teks.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *