Jenis-Jenis Instrument Pasar Uang

  • 3 min read
  • Okt 22, 2021
Jenis jenis Instrument Pasar Uang

Today.co.id – Masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya investasi untuk jaminan masa depan. Terbukti dengan semakin banyaknya instrument investasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan, salah satunya pasar uang. Seperti namanya, pasar uang menjadi wadah jual beli modal dan uang. Dan ada beberapa instrument pasar uang yang juga wajib untuk anda ketahui.

Jenis Jenis Instrument Pada Pasar Uang Yang Wajib Diketahui

  1. Sertifikat Bank Indonesia

Sertifikat Bank Indonesia termasuk di dalam instrument pada pasar uang. Dimana surat berharga satu ini menjadi bukti utang jangka pendek yang diterbitkan langsung oleh Bank Indonesia. Umumnya jangka tersebut di antara satu sampai tiga bulan dengan menggunakan sistem diskonto.

Perlu anda ketahui juga jika Sertifikat Bank Indonesia merupakan mekanisme khusus untuk mengendalikan nilai Rupiah agar tetap stabil oleh Bank Indonesia. diharapkan dengan masuknya Sertifikat Bank Indonesia dalam pasar uang, maka akan lebih banyak uang promer beredar yang mampu diserap negara. Rencananya surat berharga ini akan dihapus bertahap hingga 2024 mendatang.

  1. Sertifikat Deposito

Instrument pasar uang yang selanjutnya adalah Sertifikat Deposito, yang berbeda dengan deposito yang digunakan untuk menyimpan uang. Karena sertifikat deposito lebih difungsikan untuk investasi yang sebenar benarnya dibandingkan dengan deposito. Deposito konvensional lebih berfungsi untuk dijadikan sebagai tabungan.

Yang membuatnya berbeda, sertifikat deposito tidak memiliki nama pemilik yang paten. Inilah yang menjadikan sertifikat ini banyak diperjualbelikan, karena siapapun yang memegang bentuk fisiknya bisa mencairkannya. Selain itu,  bunga sertifikat juga bisa dihitung dimuka sehingga anda akan mengetahui berapa nilainya saat dicairkan.

  1. Surat Berharga Pasar Uang

Jenis jenis Instrument Pasar Uang Surat Berharga Pasar Uang
Jenis jenis Instrument Pasar Uang Surat Berharga Pasar Uang

Selanjutnya adalah Surat Berharga Pasar Uang yang merupakan surat berharga dan dikeluarkan oleh bank kemudian ditandatangani nasabah. Surat ini umumnya dijadikan sebagai surat jaminan pelunasan utang nasabah pada bank. Kemudian surat ini diperdagangkan karena memang menjadi hak dari bank yang memberikan utang.

Perdagangan Surat Berharga Pasar Uang bisa antar bank komersial dengan lembaga keuangan lainnya atau Bank Indonesia. Dimana dalam instrument pasar uang ini juga menggunakan sistem diskonto. Dalam sistem ini, bunga atau potongan harus dibayar oleh mereka yang menjual surat dagang atau wesel yang diuangkan sebelum jangka waktunya.

  1. Commercial Paper, CP

Commercial Paper atau warkat niaga merupakan surat berharga dengan jangka pendek atau kurang dari satu tahun. yang menerbitkan surat berharga ini adalah perusahaan besar yang memiliki peringkat kredit yang tinggi. Instrumen satu ini umumnya dijual dengan diskon dan dibeli oleh perusahaan lain maupun investor lembaga.

Suku bunga yang ditawarkan akan menggambarkan tingkat risiko yang nantinya dihadapi oleh perusahaan. Untuk nilai suku bunganya akan ditentukan berdasarkan besar dari diskon. Commercial Paper jika melihat pada prinsipnya adalah promes dari perusahaan yang berjanji dana tertentu ketika CP sudah jatuh tempo.

  1. Call Money

Jenis Jenis Instrument Pada Pasar Uang Yang Wajib Diketahui
Jenis Jenis Instrument Pada Pasar Uang Yang Wajib Diketahui

Call Money menjadi instrumen selanjutnya yang berupa peminjaman dana antarbank dengan jangka waktu yang sangat pendek. Call Money digunakan saat bank berada di kondisi harus atau bisa mengalihkan sejumlah kelebihan dana yang sifatnya sementara. Call Money bisa dilakukan saat kliring yang setiap hari dilakukan oleh Bank Indonesia.

Nantinya saat proses kliring tentunya ada yang menang dan kalah. Bank yang kalah bisa meminjam sejumlah dana agar tidak mendapatkan sanksi karena kekurangan likuiditas. Dan proses pinjam meminjam inilah yang kemudian disebut dengan interbank call money. Jangka waktunya memang sangat pendek, mulai dari 1 hari hingga 7 hari saja.

  1. Banker’s Acceptance

Instrumen pasar uang satu ini bisa tercipta karena perdagangan luar negeri atau ekspor impor. Banker’s Acceptance bisa diartikan sebagai wesel bank yang telah diberikan cap dengan kata accepted. Wesel ini juga bisa diperjual belikan di pasar uang dan menjadi sumber dana jangka pendek. Namun jika tidak ada kriteria accepted maka tidak bisa berfungsi.

Itulah beberapa instrumen yang bisa dijadikan sebagai pilihan bagi anda yang ingin bergerak di bidang investasi. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal lebih dahulu. Selain beberapa yang disebutkan, instrumen dalam pasar uang masih ada beberapa dan juga bisa anda pelajari agar semakin mahir dalam investasi nantinya.

Post Terkait :

2 thoughts on “Jenis-Jenis Instrument Pasar Uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *