Kenali dan Nikmati Sensasi Sauerkraut Khas Jerman

  • 2 min read
  • Agu 29, 2021
Sauerkraut Khas Jerman

Sauerkraut dengan nama lain adalah kol asam merupakan makanan khas Jerman yang terbuat dari kubis. Makanan ini tergolong begitu sederhana dan memiliki sensasi rasa yang patut dicoba. Penasaran ingin menikmati makanan khas negara tembok Berlin ini?

Mengetahui berbagai macam makanan yang ada dunia ini memiliki kenikmatan tersendiri. Tidak harus berada di tempat di mana makanan tersebut berasal, namun dengan memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membuat dan mengetahui bahan yang digunakan, makanan dari penjuru dunia akan bisa dinikmati di depan mata.

Tak terkecuali dengan makanan khas dari Jerman yang satu ini. Sauerkraut. Inilah makanan khas dari negara ini yang memiliki tampilan begitu sederhana dan rasa yang unik. Bahkan bahan yang digunakan pun sangat simple dan mudah didapat.

Sauerkraut ini, seperti disebutkan Wikipedia, terbuat dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat. Makanan ini dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang cukup asam. Hal ini karena disebabkan oleh bakteri asam laktat yang terbentuk saat gula di dalam sayuran berfermentasi.

Menurut sejarahnya, Kubis yang dicampur dengan garam dan cairan yang bersifat asam ini sebenarnya sudah ada sejak zaman prasejarah. Namun kemungkinan dideskripsikan pertama kali oleh Gaius Plinius Secundus di abad pertama Masehi.

Cara pembuatan sauerkraut seperti sekarang ini diperkirakan berkembang sekitar tahun 1550 hingga 1750. Di tahun 1776, Kapten James Cook diberi penghargaan Medali Copley setelah membuktikan saeurkraut berkhasiat sebagai makanan pencegah skorbut (kekurangan vitamin C yang menyebabkan sariawan) di kalangan pelaut Inggris ketika melakukan pelayaran jauh.

Sauerkraut ini banyak dijumpai pada hidangan Jerman yang disantap bersama sosis goreng. Penasaran ingin mengkresikan makanan ini? Berikut cara membuat makanan khas Jerman ini, seperti dikutip dari Taste Food, Jumat (15/4/2011), yang sudah dimodifikasikan dengan kombinasi bahan makanan lainnya, sehingga menambah kaya akan cita rasa dari Sauerkraut ini.

Elass’s Sauerkraut

Bahan:
– 2 kilogram Sauerkraut
– 2 buah bawang bombai
– 3 siung bawang putih
– 200 gram lemak angsa
– 1/2 liter wine Riesling
– 1 liter air

Garnish atau hiasan:
– 1 bahu daging babi asap
– 1 lembar ham pork
– 1 potong daging babi
– 8 buah sosis Strasbourg

Cara membuat:
– Cuci bersih sauerkraut, kemudian lelehkan lemak angsa dalam panci dan masukkan bawang bombai hingga layu.
– Tambahkan wine dan air, lalu didihkan. kemudian masukkan semua daging-daging dari bahan hiasan, kecuali sosis, aduk rata.
– Kemudian masukkan semua bumbu beserta suerkraut, bumbui dengan garam dan aduk rata.
– Masukkan panci berisi campuran bahan tadi ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 350 derajat Fahrenheit selama 1 1/2 jam.
– Sementara itu, lanjutkan dengan memasak sosis Strasbourg dalam air mendidih selama 10 menit.
– Angkat dari panci dan iris sesuai selera, dan letakkan pada piring yang disajikan bersama adonan sauerkraut yang dipanggang tersebut.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *