Mesin Tak Mau Hidup, Selesai dengan Buka Tutup

  • 2 min read
  • Sep 10, 2021
Tips Mobil Mogok

Today.co.id – Mesin mobil tidak bisa dihidupkan meskipun kunci kontak berulang kali diputar pada posisi ‘start’ seringkali diakibatkan karena kotoran-kotoran yang menempel pada mesin mobil.

Bagi pengendara yang sering melewati ruas jalan yang tergenang, becek, berdebu atau berada di kawasan mana pun yang memungkinkan kotoran-kotoran menempel saat mobil melintas, tentunya sangat menyebalkan. Sebab, kotoran-kotoran tersebut, bisa jdi suatu ketika menjadi penghambat pada mesin mobil hingga tidak bisa hidup meskipun kunci kontak berulang kali diputar pada posisi ‘start’.

Gejala seperti ini dapat menimpa siapa saja. Kasus seperti ini juga mirip dengan kerusakan fuel pump. Namun, jangan buru-buru menyalahkan komponen yang bertugas memopa bahan bakan minyak (BBM) ke ruang bakar.

Bisa jadi persoalannya adalah karena selang hawa di tangki BBM tersumbat kotoran. Sumbatan tersebut membuat bbm di dalam tangki tidak bisa dipompa ke ruang bakar. Otomatis mesin tak mau hidup karena tidak terjadi pembakaran.

Bila benar karena selang hawa tersumbat, solusinya sederhana. Perhatikan point berikut.

Pertama, buka saja tutup tangki bensin. Bila selang memang tersumbat, maka akan terdengar suara desis angin yang cukup jelas masuk dari luar ke dalam tangki bensin.

Kedua, dalam posisi tanki bensin terbuka, putar kunci kontak ke posisi ‘start’. Seharusnya mesin hidup bila inti masalah terletak pada selang hawa yang tersumbat.

Ketiga, lalu, tutup kembali tangki bensin dengan posisi tidak terlalu kencang agar tetap ada sedikit celah yang memungkinkan udara luar mengalir ke dalam tangki.

Keempat, jangan lupa, meskipun mesin sudah dapat dihidupkan dengan cara membuka dan menutup tangki bbm, tapi segeralah servis mobil di bengkel agar selang hawa tersumbat itu dibersihkan dan mesin mobil mudah dihidupkan.

Selang hawa memang jarang mendapat perhatian. Apalagi letaknya di posisi yang tersembunyi. Tetapi, bila kebetulan medan yang sering dilewati penuh dengan kotoran yang mudah menempel, mesin mobil bisa menjadi korban. Kotoran yang pelan-pelan menumpuk lama-lama dapat menyumbat lubang sehingga udara tak bisa masuk.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *