Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang

TodayNews – Kondisi badan membutuhkan asupan energi yang sehat dan bergizi. Makanan yang dipilih menjadi kunci kandungan yang ada didalamnya sampai masuk ke tubuh. Berawal dari pola makan sehat dan gizi seimbang yang harus diterapkan tiap harinya.

Berbekal wawasan menu dengan mencoba mempraktikkannya. Alangkah lebih baiknya jika bisa membuat sendiri di rumah makanan sehat tersebut. Berikut beberapa tips membuat pola makan sehat dan gizi seimbang di bawah ini.

Pola Makan Sehat Dan Gizi Seimbang
ilustrasi Makan Sehat dan Gizi Seimbang. pic: pexels.com

1. Sarapan Teratur Dengan Segelas Susu

Usahakan untuk tetap sarapan di pagi hari. Menu makanan yang dipilih mengandung empat sehat lima sempurna. Segelas susu menjadi pelengkap sarapan pagi sehat dengan suasana ceria. Menikmati tiap suapan dan kunyahan dengan pelan-pelan. Agar makanan dapat melalui proses pencernaan dengan semestinya. Konsumsi karbohidrat, protein, vitamin dan yang lain dapat terpenuhi. Pola makan sehat dan gizi seimbang perlu diterapkan ketika menjalani rutinitas makan pagi ini.

2. Melengkapi Sajian Makan Dengan Sayuran Berserat

Setiap kali makan makanan berat usahakan selalu ditemani oleh sayur-sayuran yang kaya akan serat. Agar proses pencernaan semakin lancar dan tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang. Kontrol pola makan dan jaga setiap makanan yang akan dimakan. Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang cukup banyak untuk pola makan sehat dan gizi seimbang.

3. Memperbanyak Minum Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral sebagai sajian pelengkap setelah makan. Minum air putih minimal 1 ½ liter tiap harinya. Ini berguna untuk membantu mempermudah proses pencernaan dan membuat tubuh tidak mudah lemas. Pilih air mineral yang bersih dan sehat untuk memperhatikan pola makan sehat dan gizi seimbang.

4. Porsi Makan Sedang Dilengkapi Dengan Buah

Perhatikan kadar makanan yang akan dijadikan santapan lezat baik pagi, siang, maupun sore. Ambil sedang sesuai dengan porsi makan biasanya. Tambahkan lauk dan sayurnya agar kandungan gizi dalam sepiring makanan tersebut seimbang dan tentunya sehat. Sebelum mulai makan, 15 menit sebelumnya usahakan makan buah seperti pisang, apel, papaya dan lain sebagainya.

5. Mengkonsumsi Camilan Sehat

Inilah tambahan yang mempunyai peran penting dalam menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang. Memilih camilan sehat di saat jam-jam rawan untuk mengemil. Jajanan ini bisa dibuat sendiri dengan tetap memperhatikan kandungan gizinya. Kurangi makanan atau camilan yang cepat saji atau sebutan lainnya junkfood. Alangkah baiknya bisa mengolah camilan sendiri seperti biskuit sayur, kue-kue kering dan lain sebagainya.

6. Mengurangi Makanan Yang Berminyak

Pola makan sehat dan gizi seimbang bisa dilihat dari mengurangi makanan yang berminyak dan bersantan. Boleh mengkonsumsi jajanan yang berminyak asal sesuai takaran dan tidak berlebihan. Untuk porsinya menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Indikasinya bisa dari faktor kekebalan tubuh dan cuaca baik panas maupun hujan. Lebih amannya membuat sendiri dengan menggunakan minyak jernih agar kualitas jajanan tetap terjaga.

7. Mencoba Berkreasi Dengan Olahan Gandum

Ini bisa menjadi kreativitas mengolah camilan sehat yang berbahan dasar dari gandum. Seperti roti bakar gandum, biskuit gandum bercampur salad buah dan lain sebagainya. Pola makan sehat dan gizi seimbang bisa didapat dari camilan unik tapi mengenyangkan ini. Tetap berkreasi dengan olahan gandum supaya lebih menarik untuk dicicipi.

Itulah beberapa tips membuat pola makan sehat dan gizi seimbang bagi tubuh. Tetap mengontrol pola dan porsi makan agar badan menjadi bugar. Semangat menata jadwal makan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Recommended For You

About the Author: todaynews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *